• Jumat, 20 Mei 2022

Cunca Kuang, Wisata Alam yang Masih Tersembunyi di Manggarai Timur

- Rabu, 11 Mei 2022 | 19:41 WIB
Air terjun Cunca Kuang (Foto: Ist)
Air terjun Cunca Kuang (Foto: Ist)

MANGGARAI TIMUR | Wilayah Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dipenuhi daya tarik wisata mengagumkan yang dapat membuat pengunjung merasa betah. Selain pantai Cepi Watu, pengunjung juga dapat menikmati sejumlah wisata alam air terjun yang tersebar di wilayah itu.


Seperti di Kecamatan Borong tepatnya di Kampung Mondo, Desa Bangka Kantar. Ketika pergi ke Kampung itu, pengunjung dapat menikmati air terjung dengan ketinggian sekitar 20 Meter. Air terjun itu jatuh bermuara membentuk sebuah kolam yang cukup besar dengan kedalaman hamir 40 Meter. Dari kolam tersebut, air itu mengalir membentuk sungai kecil yang airnya sangat sejuk. Dikelilingi tebing batu yang gagah nan eksotik, menambah kemegahan aor terjun itu.

Cunca Kuang, begitu masyarakat setempat menamai air terjun itu.

Kawasan Cunca Kuang sangat mudah diakses wisatawan. Dari Kota Borong menuju Kampung Mondo, Desa Bangka Kantar dapat ditempuh dengan jarak sekitar lima kolometer menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dalam perjalanan, wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga tiba di Cunca Kuang.

Setibanya di Kampung Mondo, wisatawan cukup bertanya pada warga sekitar untuk diarahkan ke jalan stapak menuju air terjun tersebut. Selanjutnya, dari pemukiman warga, wisatawan berjalan kaki menyusuri hutan dengan jarak tempuh sekitar 15 menit.

Menyusuri hutan yang masih sangat alami nan asir, lelah selama perjalanan tidak akan mematahkan semangat. Kicauan burung–burung hutan dan pemandangan hijau sejauh mata memandang menemani langkah menuju Cunca Kuang.

Berada di tengah–tengah hutan membuah kawasan Cunca Kuang merasa sangat menentramkan. Dikelilingi keindahan dan panorama alam yang masih sangat alami. Udara sejuk serta senandung derasnya air terjun Cunca Kuang. Sungguh suasana yang mendamaikan hati.

Berbagai aktivitas wisata dapat dilakukan di tempat tersebut seperti trancking, berenang, berswa foto, piknik hingga bird watching/melakukan pengamatan burung bagi wisatawan dengan minat khusus.

Pengembangan Daya Tarik Wisata Cunca Kuang

Kornelis Minggus, salah satu warga setempat yang juga pemandu wisata/guide kawasan Cunca Kuang menyampaikan, keberadaan wisata alam itu belum banyak diketahui wisatawan baik lokal maupun internasional.

Katanya, meski beberapa wisatawan asing pernah mengunjungi tempat itu, kurangnya promosi masih menjadikan kawasan Cunca Kuang belum terniang di telinga penikmat wisata.

Pemerintah Desa Bangka Kantar sudah membuka akses jalan menuju lokasi air terjun itu. Kornelis pun berharap agar akses hingga lokasi air terjun itu ditata secara baik agar dapat memikat hati wisatawan.

Untuk menjaga kawasan air terjun itu, wisatawan diharapkan agar tidak membuang sampah sembarangan, tetap menjaga keaslian dan keasrian Cunca Kuang serta menaati norma–norma sosial yang berlaku di tempat itu.

Editor: Ignasius Tulus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X