• Jumat, 19 Agustus 2022

Pendaftaran Calon Partai Peserta Pemilu 2024, PDI Jadi Pendaftar yang Pertama

- Senin, 1 Agustus 2022 | 12:33 WIB
PDI Perjuangan jadi yang pertama yang mendaftar di KPU (Instagram kpu_ri)
PDI Perjuangan jadi yang pertama yang mendaftar di KPU (Instagram kpu_ri)

POSFLORES.COM | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah membuka pendaftaran calon Partai Politik Peserta Pemilihan Umum 2024. Hari pertama pendaftaran, Senin, 01 Agustus 2022, Partai PDI Perjuangan jadi Pendaftar yang pertama.

Dalam acara pendaftaran calon Parpol peserta pemilu yang disiarkan secara langsung melalui akun YouTube KPU RI tersebut, tampak Sekjen KPU yang secara langsung menyambut pihak Parpol yang datang.

Pihak KPU menerima Partai PDI Perjuangan dengan pengalungan menggunakan slendang Nusantara.

Sebagai Parpol pendaftar yang pertama, PDI Perjuangan memasuki ruangan KPU RI tepat pukul 08.00 WIB.

Sesi pendaftaran diawali dengan menyanyikan mars Partai PDI Perjuangan, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto.

"Hari ini PDI Perjuangan mendaftarkan untuk menjadi peserta Pemilu. Kami berharap berkas bisa diterima dengan baik dan mudah-mudahan tidak ada kesalahan," ujar Wuryanto dalam sambutan singkat tersebut.

Setelah sambutan dari pihak PDI Perjuangan, dilanjutkan penyerahan dokumen dari PDI Perjuangan kepada ketua KPU.

Kemudian dilanjutkan penyerahan cenderamata dari Ketua KPU kepada pihak PDI Perjuangan, dilanjutkan sambutan dari Ketua KPU Hasyim Asya'ri.

"Ada 3 kategori partai politik, yang pertama adalah kategori partai politik pemilu 2019 yang lolos PT, partai politik 2019 yang tidak lolos PT dan partai politik baru. Dari ketiga kategoti tersebut, mk mengamanatkan ada perlakuan yang berbeda. untuk partai politik kategori satu, tentu peserta pemilu 2019 yang lolos PT yaitu perlakuanya mendaftar dan melakukan verifikasi administrasi. selesai," jelas Hasyim tentang kriteria dalam verifikasi Parpol berdasarkan putusan MK nomor 55/PUU-XVIII/2020.

Halaman:

Editor: Yon Sahaja

Tags

Terkini

Prabowo Subianto Nyatakan Maju Capres, Siapa Wakilnya?

Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:40 WIB

Gubernur NTT Lantik Domu Warandoy Jadi Sekda

Rabu, 13 Juli 2022 | 16:44 WIB
X