• Jumat, 20 Mei 2022

Pesan Nadiem A. Makarim untuk SMKN 1 Wae Ri'i

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:35 WIB

 

 MANGGARAI -- Civitas akademika Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai, Propinsi Nusa Tenggara Timur melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (HarDikNas) yang sedianya dilaksanakan bertepatan dengan hari lahirnya pendidikan 02 Mei tahun 202, pada Jumat (13/05/2022).

Perayaan hari ulang tahun Pendidikan Nasional tersebut dipimpin langsung oleh pimpinan lembaga pendidikan SMKN 1 Wae Ri’i, Ferdianus Tahu, S.Pt. Hadir dalam upacara bendera tersebut para wakasek: Kesiswaan, Humas, Sarpras dan Kurikulum serta bapak ibu guru tenaga kependidikan dan peserta didik kelas X-XI SMKN1 Wae Ri'i. 

Baca Juga: Wujudkan Kabupaten Literasi, DisPusip Matim Dukung TBM Leko Lembo Baca

Dalam kesempatan itu, Ferdianus Tahu, S.Pt. selaku pembina upacara sekaligus kepala SMKN 1 Wae Ri’i membacakan pesan HarDikNas tahun 2022 dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia (red. pidato lengkap website kementerian terkait).

“Upacara bendera memperingati hardiknas yang selalu dilakukan setiap tanggal 02 Mei dalam tahun, tidak sekedar seremonial atau kegiatan rutinitas saja tapi merupakan moment untuk merefleksi perjalanan pendidikan kita selama ini agar terus meningkatkan kualitasnya yang dimulai dari peningkatyan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan.

Baca Juga: Kunjungi SDK Taga, Bupati Hery Titip 4 Pesan

Membangkitkan semangat guru dalam melayani peserta didik setelah melewati pembelajaran dari rumah karena covid-19 (daring), hal ini sesuai tema hardiknas kali ini: pimpin pemulihan, bergerak untuk merdeka belajar. Pada kesempatan ini kita juga jangan lupa pesan semboyan yang disampaikan oleh bapak Ki Hadjar Dewantara.

Pertama, Ingarsa Sung Tulada artinya ketika kita berada di depan kita mampu memberikan teladan atau menjadi seorang pemimpin harus mampu memberi telada. Kedua, Ing Madya Mangun Karsa artinya ketika berada di tengah orang lain kita mampu memberi semangat atau seseorang tengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan semangat. Ketiga, Tut Wuri Handayani artinya ketika kita berada di belakang kita mampu memberikan motivasi bagi sesama ata seseorang harus memberikan dorongan semangat kerja dari belakang bagi orang lain.
Semoga semboyan ini kita selalu terapkan dalam lembaga pendidikan sehingga pada akhirnya menghasilkan peserta didik yang berkualitas,” ungkap Kepala SMKN 1 Wae Ri’i kepada media ini.

Baca Juga: Dr. Mantovanny Tapung Mendapat Penghargaan dari LEPRID

Halaman:

Editor: Waldus Budiman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesan Nadiem A. Makarim untuk SMKN 1 Wae Ri'i

Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:35 WIB

Kunjungi SDK Taga, Bupati Hery Titip 4 Pesan

Kamis, 12 Mei 2022 | 16:41 WIB

Otto Gusti, Kebangkitan adalah Sebuah Protes

Jumat, 29 April 2022 | 22:06 WIB

Dr Manto: Menulis Mampu Mengasah Kecerdasan

Rabu, 23 Maret 2022 | 17:22 WIB

Perjuangan Sang Guru Cantik dan Dua Belas Muridnya

Senin, 21 September 2020 | 17:14 WIB

AJO Matim Gelar Workshop Jurnalistik di SMAN 3 Borong

Sabtu, 19 September 2020 | 12:43 WIB

Launching Dua Buku, Begini Harapan Kadis PK Sikka

Jumat, 28 Agustus 2020 | 11:53 WIB
X