• Jumat, 20 Mei 2022

Wujudkan Kabupaten Literasi, DisPusip Matim Dukung TBM Leko Lembo Baca

- Jumat, 13 Mei 2022 | 12:31 WIB
Ketua FTBM Matim berpose bersama usai menyerahkan proposal kerja sama (Waldus Budiman )
Ketua FTBM Matim berpose bersama usai menyerahkan proposal kerja sama (Waldus Budiman )

MANGGARAI TIMUR -- Guna mendukung Manggarai Timur sebagai Kabupaten Literasi dan meningkatkan minat literasi (baca tulis) di pelosok Manggarai Timur, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Manggarai Timur yang bekerja sama dengan FTBM Matim  mendukung aktivitas Literasi TBM Leko Lembo Baca yang berlokasi di Kelurahan WatuNggene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur.

Kegiatan penyerahan dokumen dan proposal kerja sama TBM Leko Lembo Baca dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan daerah kabupaten  Manggaraai Timur berlangsung di Ruang Kerja Kepala DisPusip di Lehong, pada Kamis (12/05/2022).

Baca Juga: Kunjungi SDK Taga, Bupati Hery Titip 4 Pesan

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Manggarai Timur, Yustinus M. Nanga menyampaikan apresiasi kepada pengelola TBM Leko Lembo Baca. Sejatinya kehadiraan TBM Leko Lembo Baca merupakan perpustakaan yang ada di masyarakat. Maka dari itu, sarana TBM untuk meningkatkan kegemaran Literasi (baca-tulis) masyarakat Manggarai Timur.  Dirinya menyatakan bahwa perpustakaan daerah Matim selalu terbuka kepada siapa saja dalam memberikan pelayanan publik agar meningkatkan kegemaran membaca, memperluas wawasan, dan pengetahuan.

Baca Juga: Dr. Mantovanny Tapung Mendapat Penghargaan dari LEPRID

“Semoga kehadiran TBM Leko Lembo menjadi sarana informasi dan wadah kegemaran membaca (literasi) bagi masyarakat yang ada di sekitar. Tentunya sesuai dengan UU Nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan dalam pasal 4 bahwa perpustakaan bertujuan memberikan pelayanan kepada pustaka atau pengguna perpustakaan, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan dan pengetahuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka dari pada itu, perlu adanya upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa agar mudah beradapatasi dengan perkembangan jaman. Terima kasih atas kerja sama FTBM Matim dalam mendorong masyarakat untuk membangun dan mengembangkan TBM demi meningkatkan kegemeran membaca masyarakat.  Tentunya harapanya agar masyarakat lebih cerdas dan terbuka wawasanya,” ungkap Kadis Tino.

Baca Juga: FTBM Matim Gandeng Dinas PPO Gerakan Literasi Sekolah

Sementara itu, Pengelola TBM Leko Lembo Baca, Oma Janet mengaku bahwa kehadiran TBM Leko Lembo Baca adalah bentuk kepedulian dirinya terhadap rendahnya kegemaran membaca masyarakat di Leko Lembo. Tambah lagi, sebagian besar masyarakat adalah generasi pelajar.  Hal serupa disampaikan oleh Maksimus Nggiring, selaku sekertaris TBM Leko Lembo Baca.

"Saat ini TBM Leko Lembo Baca masih kekurangan bahan bahan bacaan. Untuk itu, diharapkan perpustakaan daerah Manggarai Timur dapat bekerja sama untuk pengadaan sumber bacaan,” pungkas Maksi.

Halaman:

Editor: Waldus Budiman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesan Nadiem A. Makarim untuk SMKN 1 Wae Ri'i

Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:35 WIB

Kunjungi SDK Taga, Bupati Hery Titip 4 Pesan

Kamis, 12 Mei 2022 | 16:41 WIB

Otto Gusti, Kebangkitan adalah Sebuah Protes

Jumat, 29 April 2022 | 22:06 WIB

Dr Manto: Menulis Mampu Mengasah Kecerdasan

Rabu, 23 Maret 2022 | 17:22 WIB

Perjuangan Sang Guru Cantik dan Dua Belas Muridnya

Senin, 21 September 2020 | 17:14 WIB

AJO Matim Gelar Workshop Jurnalistik di SMAN 3 Borong

Sabtu, 19 September 2020 | 12:43 WIB

Launching Dua Buku, Begini Harapan Kadis PK Sikka

Jumat, 28 Agustus 2020 | 11:53 WIB
X