• Jumat, 20 Mei 2022

Dr. Mantovanny Tapung Mendapat Penghargaan dari LEPRID

- Kamis, 12 Mei 2022 | 13:03 WIB
Dr. Mantovanny Tapung S.Fil., M.Pd (Waldus Budiman )
Dr. Mantovanny Tapung S.Fil., M.Pd (Waldus Budiman )


MANGGARAI -- Dosen Unika St. Paulus Ruteng sekaligus Sekretaris Eksekutif Perennial Institute mendapat piagam penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia dan Dunia (Leprid) yang bertempat di Jakarta.

Penghargaan ini diberikan secara langsung dalam bentuk piagam penghargaan oleh Direktur Leprid Paulus Pangka di depan Kampus Unika St. Paulus Ruteng, pada Rabu (11/01/2022). Sebelumnya, pengumuman pemberian penghargaan ini sudah disampaikan secara daring pada tanggal 28 Januari 2022, tepat pada saat penutupan rangkaian roadshow literasi di SMAK Seminari St. Paulus II (Semiyopal), Labuan Bajo.

Baca Juga: Icha Dalin: Literasi Digital Dasar Sangat Penting Bagi Perangkat Desa

Berlatarkan Patung St. Paulus, Mantovanny mendapat penghargaan ini karena prestasinya dalam menginisiasi dan merancang roadshow atau kirab kegiatan literasi kewirausahaan, jurnalistik dan digital kepada 7 sekolah menengah (SMK Swakarsa Ruteng, Seminari Kisol, Seminari KPA St. Paulus Mataloko, Seminari St. Berchmans Mataloko, Seminari Bunda Segala Bangsa Maumere, Seminari Hokeng, Seminari St. Paulus II Labuan Bajo) dan dan 5 sekolah tinggi (Unika St. Paulus Ruteng, STIPER Bajawa, STIPAS Ende, Unipa Indonesia Maumere, STIPAS Larantuka).

Kegiatan ini dimulai di Labuan Bajo, tanggal 14 Januari sd 28 Januari 2022. Dalam catatan Leprid prestasi ini tercatat dengan nomor yang ke : 720. Dikutip dari laman resmi LEPRID, belum pernah terjadi di daratan Pulau Flores, ada lembaga swasta yang melakukan literasi secara beruntun mulai dari gerbang barat Manggarai Barat hingga gerbang timur Flores, di Kabupaten Flores Timur, tepatnya di Kota Reinha Larantuka. Dua Lembaga ini, yakni Stefanus Gandi Institute (SGI), milik pengusaha muda asal Lembor Manggarai Barat, Stefanus Gandi dan Perennial Institute melakukan hal yang langka dan spektakuler.

Baca Juga: Dorong Transaksi secara Digital, Deputi BI Hadir di Pasar Rakyat Batu Cermin

Didukung oleh Tabloid Harian Tani, tim literasi dari dua Lembaga ini bergerak dari kota Pariwisata Premium Labuan Bajo, masuk Kota Pendidikan Ruteng, lalu menuju ke Kota dingin Bajawa, lanjut ke Kota Pengasingan Soekarno di Ende, tembus kota pencetak imam Katolik Maumere dan berujung di Kota Reinha Larantuka. Dan pada tanggal 28 Januari ditutup kembali di gerbang barat, Labuan Bajo.

Pada kesempatan itu, Paulus Pangka,  menyampaikan profisiat kepada Dr. Mantovanny Tapung. Kegiatan spektakuler seperti ini untuk dicatat dalam bentuk record prestasi, tetapi juga menjadi inspirasi dalam membuat legasi (warisan) bagi generasi berikutnya. Kegiatan literasi harus selalu digaung dan dikembangkan demi pengembangan kemanusiaan orang-orang muda di Flores ini.

Baca Juga: Pantau US di SDI Mendo, Wabup Hari: Guru adalah Taruhan Pertama

Halaman:

Editor: Waldus Budiman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesan Nadiem A. Makarim untuk SMKN 1 Wae Ri'i

Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:35 WIB

Kunjungi SDK Taga, Bupati Hery Titip 4 Pesan

Kamis, 12 Mei 2022 | 16:41 WIB

Otto Gusti, Kebangkitan adalah Sebuah Protes

Jumat, 29 April 2022 | 22:06 WIB

Dr Manto: Menulis Mampu Mengasah Kecerdasan

Rabu, 23 Maret 2022 | 17:22 WIB

Perjuangan Sang Guru Cantik dan Dua Belas Muridnya

Senin, 21 September 2020 | 17:14 WIB

AJO Matim Gelar Workshop Jurnalistik di SMAN 3 Borong

Sabtu, 19 September 2020 | 12:43 WIB

Launching Dua Buku, Begini Harapan Kadis PK Sikka

Jumat, 28 Agustus 2020 | 11:53 WIB
X