• Jumat, 20 Mei 2022

FTBM Matim Gandeng Dinas PPO Gerakan Literasi Sekolah

- Sabtu, 30 April 2022 | 11:09 WIB
Ketua FTBM Matim dan Perwakilan Dinas PPO berpose bersama guru-guru usai melaksanakan kegiatan literasi di sekolah tersebut (Ino Sengkang)
Ketua FTBM Matim dan Perwakilan Dinas PPO berpose bersama guru-guru usai melaksanakan kegiatan literasi di sekolah tersebut (Ino Sengkang)

MANGGARAI TIMUR -- Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kabupaten Manggarai Timur bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, dalam hal ini dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan kegiatan pembukaan pendampingan literasi dan jurnalistik di sekolah penggerak SMPK Rosa Mistika Waerana, Kelurahan Rongga Koe , Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur.

Kegiatan ini mengusung tema "Bergerak menggerakkan ciptakan generasi literasi Manggarai Timur" dibuka oleh Vinseslaus Tala selaku Kabid SMP, Dinas PPO Kabupaten Manggarai Timur, di aula Rosa Mistika, pada Jumat (29/04/2022) dan diikuti oleh guru-guru di sekolah tersebut.

Vinseslaus Tala, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, sebagai rasa tanggung jawab dalam mendukung Manggarai Timur sebagai Kabupaten Literasi turut mendukung kegiatan literasi sekolah. Menurut Vinsen, perlu diakui bahwa keterampilan literasi masih rendah.

Baca Juga: Politisi PKB: Jangankan 1 Bulan, 3 Bulan Gaji Saja Saya Siap untuk Rohingya

"Kemampuan dan kebiasaan membaca buku baik guru maupun peserta didik masih rendah. Maka, kemampuan literasi merupakan salah satu satu kecakapan literasi abad 21 yang wajib dimiliki oleh guru dan siswa di Manggarai Timur. Perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca, kebiasaan menulis dan mengelola informasi secara cerdas," jelasnya.

Dirinya juga mengapresiasi lembaga pendidikan sekolah penggerak, SMPK Rosa Mistika yang telah berkolaborasi bersama FTBM Manggarai Timur dalam meningkatkan profesionalisme guru dan meningkatkan kompetensi siswa melalui keterampilan literasi.

Baca Juga: Terjun ke Dunia Politik, Giring 'Nidji' Syukuran di Rumahnya

“Peserta bersyukur, didampingi dan bertemu langsung dengan praktisi literasi dari FTBM Matim. Tentunya mereka adalah narasumber yang sudah lama bergelut dengan dunia literasi, baik terkait membaca maupun menulis hingga menghasilkan karya. Terima kasih kepada suster kepala SMPK Rosa Mistika Waerana, para guru dan peserta didik, Ini merupakan kerja kolaboratif dan kontribusi penting sebagai upaya meningkatkan dan menciptakan generasi literasi di kabupaten Manggarai Timur tercinta ini. Gunakan kesempatan baik ini, kosongkan pikiranmu dan terimalah hal-hal baru, selamat berkegiatan dan harus menghasilkan karya,” ungkap Kabid SMP Vinseslaus dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Kepala SMPK Rosa Mistika Waerana menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih atas dukungan dinas PPO dan FTBM Matim dalam upaya meningkatkan literasi guru dan siswa di sekolahnya. Hal itu, katanya sesuai dengan visi sekolah yakni meningkatkan kualitas pengetahuan sumber daya manusia, yang berdaya guna dan berkarakter. Kegiatan literasi sekolah ini juga ikut mendukung misi sekolah yakni meningkatkan kualitas pengetahuan sumber daya manusia yang berdaya guna dan berkarakter.

Baca Juga: FTBM Matim Dorong Gerakan Literasi, Kadis PPO: Harus Masuk ke Sekolah-sekolah

Halaman:

Editor: Oswaldus Jaya Budiman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesan Nadiem A. Makarim untuk SMKN 1 Wae Ri'i

Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:35 WIB

Kunjungi SDK Taga, Bupati Hery Titip 4 Pesan

Kamis, 12 Mei 2022 | 16:41 WIB

Otto Gusti, Kebangkitan adalah Sebuah Protes

Jumat, 29 April 2022 | 22:06 WIB

Dr Manto: Menulis Mampu Mengasah Kecerdasan

Rabu, 23 Maret 2022 | 17:22 WIB

Perjuangan Sang Guru Cantik dan Dua Belas Muridnya

Senin, 21 September 2020 | 17:14 WIB

AJO Matim Gelar Workshop Jurnalistik di SMAN 3 Borong

Sabtu, 19 September 2020 | 12:43 WIB

Launching Dua Buku, Begini Harapan Kadis PK Sikka

Jumat, 28 Agustus 2020 | 11:53 WIB
X