• Selasa, 16 Agustus 2022

Menelaah Teori Evolusi Charles Darwin

- Rabu, 29 Juni 2022 | 20:15 WIB
Faleria L Hayon (Dokpri )
Faleria L Hayon (Dokpri )

  Oleh: FALERIA L. HAYON

 

Abstraksi

Teori tentang evolusi seringkali menjadi bahan perdebatan sekaligus mengundang penolakan dari berbagai golongan terutama dari golongan agamawan. Alasan penolakan tersebut tidak lain karena evolusi dianggap bertentangan dengan dalil yang tercantum dalam kitab suci yang mereka yakini. Kemunculan dan perkembangan teori evolusi tidak bertujuan untuk membuat manusia meragukan kebenaran kitab suci yang diyakininya akan tetapi justru dapat memperkuat keyakinan seseorang terhadap kebenaran agamanya

Pada masa evolusi modern seperti saat ini telah banyak sarana serta konsep-konsep yang menunjang kemajuan teori evolusi. Kemajuan di bidang genetika, biokimia dan molekuler turut menyumbangkan konsep-konsep yang mendorong pada perkembangan teori evolusi khususnya dalam, memetakan materi genetik dari fosil-fosil yang ditemukan di lapisan bumi tertentu, pewarisan sifat serta kekerabatan antar organisme ditinjau dari persentase persamaan materi genetiknya.

Evolusi merupakan proses perubahan spesies dalam jangka waktu tertentu yang bertujuan agar mampu beradaptasi terhadap lingkungannya dan meneruskan perubahan tersebut kepada generasi berikutnya . Evolusi menjadi konsep pemersatu dalam biologi karena evolusi menjelaskan banyak aspek dalam biologi terutama bagaimana organisme yang hidup saat ini merupakan evolusi dari satu nenek moyang dan diversitas kehidupan yang besar di bumi ini. Seleksi alam merupakan proses yang terus berlangsung karena lingkungan terus berubah.

Kepunahan dapat terjadi bila proses adaptasi tidak sejalan dengan perubahan lingkungan. Pandangan Darwin mengenai kehidupan memiliki perbedaan yang sangat tajam dengan paradigma konvensional yang mengatakan bumi baru berumur beberapa ribu tahun saja, dihuni oleh bentuk-bentuk kehidupan yang tidak berubah dan telah diciptakan satu per satu selama seminggu penuh di mana Sang Pencipta membentuk keseluruhan jagad raya sehingga Darwin perlu berhati-hati dalam menyampaikan gagasannya.

Kata kunci : Evolusi, seleksi alam, teori evolusi Darwin

 

Halaman:

Editor: Waldus Budiman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Maju Mundurnya Badan Usaha Milik Desa

Sabtu, 30 Juli 2022 | 07:03 WIB

Pendidikan Bagi Pengembangan Diri

Rabu, 27 Juli 2022 | 08:41 WIB

Santo Yosef yang Kreatif

Jumat, 22 Juli 2022 | 14:02 WIB

Digitalisasi Desa Menuju Smart Village

Sabtu, 16 Juli 2022 | 07:01 WIB

Ruang dan Waktu Sebagai Fondasi Peradaban

Jumat, 1 Juli 2022 | 09:31 WIB
X