• Jumat, 19 Agustus 2022

Wapres Ma’ruf Amin: Asean Para Games Solo 2022 Semakin Pererat Hubungan Persahabatan

- Senin, 1 Agustus 2022 | 16:56 WIB
Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH. Ma'ruf Amin berharap perhelatan olahraga paralimpik Asean Para Games Solo 2022 menjadi ajang yang mempererat hubungan persahabatan negara-negara di Asia Tenggara (BPMI Setwapres)
Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH. Ma'ruf Amin berharap perhelatan olahraga paralimpik Asean Para Games Solo 2022 menjadi ajang yang mempererat hubungan persahabatan negara-negara di Asia Tenggara (BPMI Setwapres)

SOLO - Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH. Ma'ruf Amin berharap perhelatan olahraga paralimpik Asean Para Games Solo 2022 menjadi ajang yang mempererat hubungan persahabatan negara-negara di Asia Tenggara.

“Saya berharap, perhelatan olahraga ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan negara-negara ASEAN dan masyarakat ASEAN. Saya juga berharap, Asean Para Games akan menjadikan Komunitas ASEAN semakin inklusif dan tangguh," ujar Wapres Ma'ruf Amin saat menyampaikan pidato pembukaan di Stadion Manahan Solo, Sabtu (30/7) malam.

Selain itu, Ma’ruf Amin menilai Para Games adalah ajang istimewa karena menjadi sumber inspirasi bagi tentang makna kesetaraan.

“Para games merupakan sesuatu yang istimewa karena atlet para games adalah atlet-atlet terbaik yang berjuang untuk mengharumkan nama negaranya," kata Wapres.

Menurut Wapres Ma'ruf, ajang Asean Para Games Solo 2022 juga jadi momen istimewa karena atlet-atlet para games membuktikan bahwa dorongan untuk meraih cita-cita dan mengukir prestasi haruslah lebih kuat daripada hambatan yang dihadapi.

"Saya ucapkan selamat datang di Indonesia, khususnya di Kota Surakarta, kepada para atlet kebanggaan yang mewakili sebelas negara dari kawasan Asia Tenggara," jelasnya.

Wapres Ma'ruf Amin secara resmi membuka ajang ini yang ditandai dengan menarik keris dan mengacungkan keris ke atas kepala yang kemudian disambar petir di layar LED raksasa yang terpasang dalam acara ini sebagai tanda resmi dimulainya event ini.

Upacara pembukaan ini diisi dengan sejumlah rangkaian acara yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh penyanyi tuna netra berbakat asal Yogyakarta, Putri Ariani. Kemudian disambung dengan penampilan komedian Dodit Mulyanto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Endah Laras dan Arda Krisna yang membawakan lagu Bengawan Solo ciptaan sang maestro, Gesang. Acara yang kental dengan suasana adat Jawa ini juga turut menghadirkan penyanyi Nella Kharisma dan melibatkan sejumlah seniman lokal.

Sumber: Kemenpora.go.id

Halaman:

Editor: Ferdinandus Lalong

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelatih Robert Alberts Resmi Hengkang dari Persib

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:59 WIB
X