• Minggu, 27 November 2022

Tim Dokkes Polri Dikerahkan Bantu Korban Gempa di Cianjur

- Kamis, 24 November 2022 | 05:07 WIB
Tim dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri ikut diturunkan dalam penanganan bencana alam gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat (Ist)
Tim dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri ikut diturunkan dalam penanganan bencana alam gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat (Ist)


CIANJUR | Tim dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri ikut diturunkan dalam penanganan bencana alam gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Pasalnya, sebanyak 54 personel Pusdokkes Polri berangkat ke lokasi gempa di Cianjur.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, tim Pusdokkes Polri diterjunkan untuk membantu korban gempa di Cianjur.

"Tim Kesehatan dari Pusdokkes Polri dan Rumah Sakit Bhayangkara serta Dokkes Polda Jawa Barat pada hari Selasa, 22 November 2022 pukul 07.00 WIB berangkat tempat bencana gempa bumi di Cianjur," kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: Piala Dunia Qatar! Babak Pertama, Jepang Getarkan Gawang Jerman di Awal Laga, Jerman malah Unggul

Dedi pun merinci 54 personel Tim Pusdokkes yang diterjunkan terdiri dari 14 personel berasal dari Pusdokkes Polri. Mereka yakni 7 dokter, 5 perawat dan petugas non medis sebanyak 2 personel.

Dari Rumah Sakit Bhayangkara sebanyak 10 personel yang diturunkan terdiri dari 4 dokter spesialis, 4 perawat dan 2 orang non medis.

"Dari Biddokkes Jawa Barat ada 21 personel yang terdiri dari 3 Dokter spesialis forensik, satu Dokter spesialis radiologi kedokteran gigi, 3 dokter umum, 3 perawat, 1 apoteker dan 9 orang non medis," katanya.

Baca Juga: Daniel Mananta Bilang di Patung Kristen Ada Unclean Spirit, Ada Benarnya Kok

Sedangkan dari RS Bhayangkara Setukpa diterjunkan 6 dokter umum, 8 perawat dan 4 tenaga non medis.

Selain personel, ada 10 ambulans yang dikerahkan untuk membantu penanganan korban serta 2 mobil double cabin dari Biddokes Polda Jawa Barat.

"Adapun nantinya akan dibangun posko kesehatan di Pendopo Kabupaten Cianjur sebagai pusat krisis, lalu di RS Bhayangkara Cianjur, RSUD Sayang Cianjur, RSUD Cimacan Cipanas dan beberapa titik lainnya berdasar kebutuhan pelayanan kesehatan," ujarnya.

Baca Juga: Piala Dunia Qatar 2022! Hasil Akhir, Kroasia Gagal Bungkam Maroko, Luca Modric Dijaga Ketat

Dedi menambahkan, tim Dokkes juga akan mengoptimalkan kamar operasi, memperbanyak daya tampung pasien dengan menambah tenda, menambah dokter spesialis orthopedi dan anak.

Baca Juga: Piala Dunia Qatar 2022! Babak Pertama, Kroasia vs Maroko, Luka Modric Gagal Ciptakan Gol

"Lalu melaksanakan kegiatan ke kantong-kantong pengungsian dan kunjungan layanan kesehatan, melakukan evakuasi pasien, melakukan koordinasi lanjutan ke BPBD dan Dinkes serta instansi terkait dan menginventarisasi kebutuhan Rumah Sakit Bhayangkara Cianjur dalam rangka penanganan korban," pungkas Dedi menambahkan.

Editor: Ferdinandus Lalong

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Susulan Mag 4,1 Kembali Guncang Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 06:16 WIB

Pimpinan Yayasan Tahfidz Datangi Lokasi Gempa Cianjur

Jumat, 25 November 2022 | 12:39 WIB

Korban Gempa Cianjur, Polri Temukan 5 Jenazah

Jumat, 25 November 2022 | 12:35 WIB
X