• Minggu, 27 November 2022

Diperkirakan, Efek Kenaikan Harga BBM Masih Terasa Pada Inflasi Oktober

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 17:57 WIB
Efek kenaikan harga BBM diperkirakan terasa sampai Oktober  (Ilustrasi )
Efek kenaikan harga BBM diperkirakan terasa sampai Oktober (Ilustrasi )

 

JAKARTA|  Efek kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) ke inflasi masih akan dirasakan pada Oktober 2022.

Hal tersebut disampaikan Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual. David Sumual menyebut, dampak yang dirasakan pada bulan ini merupakan dampak rambatan (second round impact).

“Jadi, kalau di September 2022 dampaknya langsung ke inflasi administered price, kalau Oktober 2022 hingga akhir tahun, dampaknya akan merembes ke sektor-sektor lain dan kemudian akan meningkatkan inflasi inti,” jelas David dilansir Kontan.co.id, pada Senin (3/10).

Menurut perhitungan David, inflasi pada Oktober 2022 berpotensi bergerak di level 0,5% secara bulanan hingga 1% secara bulanan.

Meski masih tergolong tinggi, David yakin daya beli masyarakat masih akan terjaga dengan serangkaian bantuan yang diulurkan oleh pemerintah.

Seperti contohnya, bantuan langsung tunai (BLT) BBM, kemudian bantuan tarif angkutan, bantuan sosial, serta bantuan subsidi upah (BSU) bagi kelas menengah. Selain itu, pemerintah juga melakukan upaya untuk menekan inflasi pangan dengan berbagai gerakan yang dicanangkan.

David juga melihat, sebenarnya inflasi pangan sudah mulai menurun. Apalagi, pada bulan September 2022 ini ada musim panen di beberapa sentra produksi yang membantu penurunan harga kelompok pangan bergejolak.

Lebih lanjut, David melihat masih ada hal yang perlu diperhatikan terkait inflasi. Ini datang dari pergerakan nilai tukar rupiah.

Ia khawatir, kalau rupiah melemah, maka ini akan memberi tambahan beban bagi inflasi.

“Jadi, setiap 7% pelemahan kurs, biasanya berkontribusi ke total biaya modal. Nah, ini nantinya bermuara pada tambahan inflasi sebesar 0,78%,” terangnya.

Halaman:

Editor: Ferdinandus Lalong

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Susulan Mag 4,1 Kembali Guncang Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 06:16 WIB

Pimpinan Yayasan Tahfidz Datangi Lokasi Gempa Cianjur

Jumat, 25 November 2022 | 12:39 WIB

Korban Gempa Cianjur, Polri Temukan 5 Jenazah

Jumat, 25 November 2022 | 12:35 WIB
X