• Minggu, 27 November 2022

Berikut Cara Bayar Denda Terjaring Operasi Zebra 2022

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 17:32 WIB
Operasi Zebra 2022 (Ist)
Operasi Zebra 2022 (Ist)

JAKARTA| Operasi Zebra 2022 digelar 3-16 Oktober 2022 mengutamakan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas melalui sistem berbasis kamera atau ETLE.

Berikut cara melakukan pembayaran denda jika terkena tilang pada Operasi Zebra kali ini?


Perlu dipahami, Operasi Zebra 2022 digelar di 33 provinsi, kecuali Bali yang sedang persiapan KTTG20. Dalam operasi ini ada 14 pelanggaran lalu lintas yang dibidik petugas di lapangan, yaitu: Melawan arus, Berkendara dipengaruhi alkohol, Mengemudi sambil menggunakan HP, Tidak menggunakan helm, Mengemudi tak pakai sabuk pengaman, Melebihi batas kecepatan, Tidak memiliki SIM, Membonceng di motor lebih dari satu orang, Kendaraan roda 4 tak layak jalan, Kendaraan roda 2 dengan perlengkapan tak standar, Kendaraan tanpa STNK, dan Melanggar marka/bahu jalan13. Kendaraan menggunakan rotator/sirene terutama pelat hitam14. Penertiban kendaraan pakai pelat nomor dinas/rahasia.

Berikut cara pembayaran saat terjerat tilang ETLE:

Perlu anda ketahui, jika ETLE atau Electronic Traffic Law Enforcement menggunakan CCTV untuk merekam pelanggaran lalu lintas yang terjadi.

Semua jenis kendaraan baik itu kendaraan roda dua atau roda empat yang melanggar peraturan, maka akan 'ditangkap' secara otomatis meski tidak secara langsung.

Dari sana Anda akan mendapatkan surat konfirmasi berisi bukti pelanggaran. Bukti pelanggaran ini berupa tangkapan layar via CCTV ketika Anda melakukan pelanggaran dan itu dikirim ke alamat rumah sesuai domisili STNK.

Setelah itu Anda dapat mengkonfirmasi jika benar telah melakukan pelanggaran.

Hal ini bisa dilakukan melalui website atau aplikasi ETLE. Jika sudah, maka akan ada surat tilang yang dikirim, baru setelahnya melunasi biaya tilang, sesuai dengan pelanggaran yang telah dilakukan.

Halaman:

Editor: Ferdinandus Lalong

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Susulan Mag 4,1 Kembali Guncang Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 06:16 WIB

Pimpinan Yayasan Tahfidz Datangi Lokasi Gempa Cianjur

Jumat, 25 November 2022 | 12:39 WIB

Korban Gempa Cianjur, Polri Temukan 5 Jenazah

Jumat, 25 November 2022 | 12:35 WIB
X