• Jumat, 19 Agustus 2022

LPPM ITB, Kualitas Buah di Desa Inerie Jauh Berbeda dengan Jawa

- Kamis, 28 Juli 2022 | 14:03 WIB
Tim LPPM ITB saat berbincang dengan masyarakat di Desa Inerie (Roby )
Tim LPPM ITB saat berbincang dengan masyarakat di Desa Inerie (Roby )

NAGADA | Dalam rangka mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat NTT, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Institut Teknologi Bandung (LPPM ITB) bekerja sama dengan New Eden Moringa menerapkan program pengeringan buah di Desa Inerie, Kabupaten Ngada, Provinsi NTT.

Program tersebut sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat guna mengembangkan teknologi tepat guna berbasis buah-buahan. Program ini juga membantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas buah.

Baca Juga: Uskup Agung Kupang Undur Diri, Duta Besar Vatikan Indonesia Hadiri Perayaan 25 Tahun Imamatnya

Ketua Tim LPPM ITB, Prof. Dr. Ir. Lienda A. Handojo, M.Eng menjelaskan bahwa, daerah NTT dengan alamnya yang unik berpotensi menghasilkan buah-buahan yang sangat baik, dengan rasa segar dan manis.

"Pada musim panen, buah seperti mangga, duren, nanas dan pisang dihasilkan secara berlimpah sehingga harga menjadi murah atau buah menjadi busuk karena tidak dapat diserap oleh pasar," ungkap Prof Lienda dalam keterangan tertulis yang diterima media ini, pada Rabu ( 27/07/2022).

Baca Juga: Produk UMKM di Labuan Bajo Siap Menyuplai Kebutuhan di Hotel-hotel

Dijelaskannya juga, untuk menghindari hal tersebut, buah yang dipanen dapat dikeringkan sehingga dapat disimpan lebih lama.

"Dengan demikian adalah penjualan buah dapat dilakukan tidak hanya saat panen saja tetapi dalam jangka waktu yang lebih panjang. Di samping itu dengan kecenderungan gaya hidup masa kini, permintaan konsumen akan buah kering semakin meningkat," jelasnya.

Prof. Lienda merupakan dosen pada Program Studi Teknik Kimia serta Teknik Pangan ITB, dan juga ketua Kelompok Keahlian Teknologi Pengolahan Biomassa dan Pangan ITB.

Halaman:

Editor: Waldus Budiman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Riwayat Pendidikan dan Agama Brigadir J

Minggu, 14 Agustus 2022 | 09:14 WIB

Sosok Vera Simanjuntak Kekasih Hati Brigadir J

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:44 WIB

Atlet Difabel yang Berprestasi Dilantik jadi PNS

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:45 WIB
X