• Selasa, 5 Juli 2022

Ini Ciri WA Sedang Disadap dan Dibajak

- Jumat, 24 Juni 2022 | 12:52 WIB
WhatsApp (Reuters AAA)
WhatsApp (Reuters AAA)

JAKARTA - Meskipun WhatsApp menerapkan fitur enkripsi, bukan berarti aplikasi pesan instan tersebut tak dapat disadap dan dibajak. Setidaknya ada sejumlah tanda WhatsApp disadap yang bisa dikenali cirinya.

Para pelaku akan berusaha mendapatkan akses WhatsApp. Setelah masuk, maka mereka bisa mendapatkan seluruh percakapan atau membalas pesan seolah dari itu dari Anda.

Untuk menghindari akun dibajak adalah dengan mengaktifkan two step verification di WhatsApp

Ada sejumlah tanda untuk mengidentifikasi akun WhatsApp dibajak orang lain. Berikut ciri-cirinya, dikutip CNBC Indonesia dari berbagai sumber:

1. OTP

One Time Password (OTP) merupakan kode berisi enam digit nomor autentikasi yang dikirimkan melalui SMS. Kode ini adalah gerbang masuk untuk mengakses WhatsApp.

OTP akan dikirimkan saat pengguna mencoba masuk ke akunnya. Jadi jika ada OTP yang tiba-tiba masuk lewat SMS, kemungkinan ada pihak lain yang mencoba membajak akun Anda di perangkat lain. Abaikan saja pesan itu dan jangan memberikan kode OTP ke siapapun.

2. Keluar dari WhatsApp Web

Ini bisa jadi pertanda berikutnya akun WA diretas. Anda dapat mengetahui jika ada perangkat lain yang tidak dikenal mencoba mengakses akun WhatsApp.

Halaman:

Editor: Ferdinandus Lalong

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usai Kuasai Luhansk, Rusia Siap Gempur Donetsk

Senin, 4 Juli 2022 | 21:22 WIB

Rusia Dilanda Beberapa Demo

Senin, 4 Juli 2022 | 17:45 WIB

Rusia Sudah Kepung Kota Lisichansk

Senin, 4 Juli 2022 | 17:33 WIB

Istri Tjahjo Cerita Momen Jokowi Takziah

Minggu, 3 Juli 2022 | 09:13 WIB
X