• Selasa, 5 Juli 2022

Buka Kongres Nasional PMKRI di Samarinda, Presiden Jokowi Singgung Soal Ibu Kota Baru

- Kamis, 23 Juni 2022 | 09:16 WIB
Presiden Jokowi saat membuka Kongres Nasional PMKRI di Samarinda  (Humas Kempora )
Presiden Jokowi saat membuka Kongres Nasional PMKRI di Samarinda (Humas Kempora )

SAMARINDA | Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali ikut mendampingi Presiden Joko Widodo membuka Kongres Nasional ke-32 Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) di Convention Hall Kota Samarinda Kalimantan Timur, pada Rabu (22/06) malam.

Dalam kesempatan itu, seiring tema peneguhan Ibu Kota Negara, Presiden memastikan bahwa, pemindahan ibu kota negara Republik Indonesia dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) akan tetap dilakukan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan undang-undang.

Baca Juga: Persija Berdoa di Ulang Tahun Kota Jakarta

Menurut Presiden, pemindahan ibu kota negara merupakan gagasan lama dari sejumlah pemimpin Indonesia terdahulu yang belum direalisasikan hingga saat ini.

"Ini adalah sebuah mimpi lama, gagasan lama yang belum dieksekusi, dan sekarang telah kita eksekusi dan ada back up undang-undangnya yaitu Undang-Undang Ibu Kota Negara," ujar Presiden.

Baca Juga: Capaian Sistem Merit Sangat Baik, Ini Komentar Asisten KASN

Presiden juga memaparkan sejumlah alasan mengenai pentingnya pemindahan ibu kota negara. Salah satunya adalah pemerataan ekonomi yang ingin diwujudkan di seluruh penjuru Tanah Air dan tidak terpusat di satu pulau yang ada di Indonesia.

"Yang paling penting memang kita ingin Indonesiasentris bukan Jawasentris. Kita garis dari barat ke timur, dari utara ke selatan, ketemu di paling tengah itu yaitu Provinsi Kalimantan Timur," papar Presiden.

Baca Juga: Pemilik Senpi Ternyata Anggota Polri

Halaman:

Editor: Waldus Budiman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usai Kuasai Luhansk, Rusia Siap Gempur Donetsk

Senin, 4 Juli 2022 | 21:22 WIB

Rusia Dilanda Beberapa Demo

Senin, 4 Juli 2022 | 17:45 WIB

Rusia Sudah Kepung Kota Lisichansk

Senin, 4 Juli 2022 | 17:33 WIB

Istri Tjahjo Cerita Momen Jokowi Takziah

Minggu, 3 Juli 2022 | 09:13 WIB
X