• Jumat, 1 Juli 2022

Mahathir Mohamad: Kepulauan Riau Seharusnya Bagian dari Malaysia

- Kamis, 23 Juni 2022 | 08:20 WIB
Mahatir Muhamad (PRN)
Mahatir Muhamad (PRN)

JAKARTA - Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad melontarkan pernyataan kontroversial dan mencari masalah dengan Indonesia.

Dalam sebuah kesempatan, Mahathir mengatakan, Malaysia seharusnya mengklaim Kepuluan Riau karena bagian dari Tanah Melayu.

Pernyataan kontroversial mantan perdana menteri berusia 96 tahun tersebut disampaikan dalam sebuah acara di Selangor yang diselenggarakan oleh beberapa organisasi non pemerintah di bawah bendera Kongres Survival Melayu (Kongres untuk Kelangsungan Hidup Melayu) dan bertajuk "Aku Melayu: Survival Bermula (Saya Melayu: Kelangsungan Hidup Dimulai)".

BACA JUGA: dipuji-cantik-sekali-oleh-presiden-jokowi-megawati-tersipu-malu

Dalam pidato pembukaannya yang disiarkan langsung di media sosial, Mahathir mengatakan, Tanah Melayu dulu sangat luas, membentang dari Tanah Genting Kra di Thailand selatan sampai ke Kepulauan Riau, dan Singapura.

"Tetapi sekarang terbatas di Semenanjung Malaya. Saya bertanya-tanya apakah Semenanjung Malaya akan menjadi milik orang lain di masa depan," kata Mahathir seperti dikutip dari Strait Times, Selasa, 21 Juni 2022.

Mahathir juga mengatakan Malaysia saat ini bukan milik bumiputera (pribumi) karena banyak orang Melayu yang tetap miskin dan cenderung menjual tanahnya. "Jika kami menemukan kami salah, kami harus memperbaiki kesalahan ini sehingga tanah kami tetap tanah Melav "to yuan kami tetap tanah Melayu” ujar Mahatir, mendesak pendengarnya untuk belajar dari masa lalu.

BACA JUGA: capaian-sistem-merit-sangat-baik-ini-komentar-asisten-kasn

Mahathir menuturkan, pemerintah Malaysia menganggap lebih berharga bahwa mereka memenangkan kendali atas pulau Sipadan dan Ligitan di lepas Kalimantan melawan Indonesia di Mahkamah Internasional (ICJ), sambil menyerahkan sepotong batu "seukuran meja" Pedra Branca ke Singapura.

Halaman:

Editor: Yon Sahaja

Tags

Terkini

Rusia Kutuk Finlandia dan Swedia Undang ke NATO

Kamis, 30 Juni 2022 | 18:32 WIB

Ini Daftar 23 Jenderal yang Tinggalkan TNI

Selasa, 28 Juni 2022 | 20:27 WIB

Cara Pakai WhatsApp Tanpa Kuota Internet

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:53 WIB
X