• Selasa, 5 Juli 2022

NATO: Perang Ukraina Berlangsung Bertahun-tahun, Barat Siap-siap

- Selasa, 21 Juni 2022 | 17:06 WIB
Sekjen NATO, Jens Stoltenberg, mewanti-wanti Barat soal kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina yang akan berlangsung bertahun-tahun (AFP/Francois Lenoir)
Sekjen NATO, Jens Stoltenberg, mewanti-wanti Barat soal kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina yang akan berlangsung bertahun-tahun (AFP/Francois Lenoir)

JAKARTA- Sekretaris Jenderal Aliansi Pertahanan Negara Atlantik Utara (NATO), Jens Stoltenberg, memperingatkan negara barat harus bersiap karena invasi Rusia ke Ukraina akan berlangsung lama.

Stoltenberg menegaskan tak ada yang tahu berapa lama konflik akan berlangsung. Ia juga memperingatkan Barat untuk mempersiapkan fakta bahwa peperangan antara Rusia vs Ukraina akan berlangsung bertahun-tahun.

"Kita tidak boleh berhenti mendukung Ukraina. Bahkan jika biayanya tinggi, tak hanya untuk dukungan militer, tapi juga karena kenaikan harga energi dan pangan," ujar Stoltenberg dikutip CNN, Minggu (19/6/2022)

Kata dia, Pemerintah Barat, harus terus mendukung Ukraina demi mencegah agresi Rusia di masa mendatang.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, mengatakan sekutu Barat harus memperkuat diri untuk perang yang panjang.

"[Presiden Rusia Vladimir] Putin menggunakan kampanye gesekan, mencoba menghabiskan Ukraina dengan kebrutalan berkala," kata Johnson.

Johnson dan Stoltenberg menekankan perlunya mencegah agresi Rusia di masa mendatang.

Selain itu,Johnson menilai, melalui dukungan jangka panjang yang kuat untuk Ukraina, NATO dan sekutu bisa melindungi keamanan negara sendiri. Ia juga menegaskan, akan menjaga dunia dari harapan Putin yang ingin menguasai Ukraina.

"Semuanya akan bergantung pada apakah Ukraina bisa memperkuat kemampuannya untuk mempertahankan wilayahnya lebih cepat dari pada Rusia memperbarui kapasitas untuk menyerang," jelas Johnson.

Halaman:

Editor: Ferdinandus Lalong

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usai Kuasai Luhansk, Rusia Siap Gempur Donetsk

Senin, 4 Juli 2022 | 21:22 WIB

Rusia Dilanda Beberapa Demo

Senin, 4 Juli 2022 | 17:45 WIB

Rusia Sudah Kepung Kota Lisichansk

Senin, 4 Juli 2022 | 17:33 WIB

Istri Tjahjo Cerita Momen Jokowi Takziah

Minggu, 3 Juli 2022 | 09:13 WIB
X