• Selasa, 5 Juli 2022

10 Desa Ditetapkan Sebagai Desa Antikorupsi oleh Kemendes bersama KPK, 1 Desa di NTT

- Selasa, 21 Juni 2022 | 11:02 WIB
 (Ilustrasi Korupsi )
(Ilustrasi Korupsi )

 

 JAKARTA | Kementerian Desa Pembangungan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengupayakan terbentuknya desa yang memiliki tata kelola pemerintahan yang bersih, bertanggung jawab dan transparan, serta mampu membangkitkan kepercayaan dan partisipasi warga desa agar mampu menjadi warga yang mandiri dan sejahtera.

Hal itulah yang mendorong Kemendes bersama KPK membentuk percontohan 10 Desa Antikorupsi sebagai gerakan melawan  korupsi di seluruh Indonesia.

Baca Juga: BSU 2022, Kemnaker Beri Sinyal Pencairan BLT Subsidi Gaji Dalam Waktu Dekat

Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa PDTT dengan optimis mengatakan bahwa pembentukan percontohan 10 desa antikorupsi ini akan meningkatkan kepedulian, pengawasan dan partisipasi aktif warga desa dalam mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

“Kita ingin pencegahan korupsi di desa dapat dilaksanakan lebih cepat dan tepat. Tidak terlalu sulit mengawasi korupsi di desa karena levelnya ada di desa. Pasalnya semua pihak dapat melakukan pengawasan secara langsung terhadap kebijakan maupun pembangunan yang dilaksanakan,” katanya saat launching acara pembentukan Percontohan Desa Antikorupsi Tahun Anggaran 2022 yang digelar di Desa Pakatto, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, pada Selasa (07/06/2022) lalu.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 33 Ditutup, Begini Cara Cek Hasil Seleksi

Lebih lanjut, Gus Salim, mengharapkan agar penggunaan APBDes yang transparan dan laporannya diketahui oleh semua warga desa.

Senada dengan Gus Salim, Firli Bahuri selaku Ketua KPK mengungkapkan bahwa pembentukan desa antikorupsi itu guna meningkatkan pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Halaman:

Editor: Waldus Budiman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usai Kuasai Luhansk, Rusia Siap Gempur Donetsk

Senin, 4 Juli 2022 | 21:22 WIB

Rusia Dilanda Beberapa Demo

Senin, 4 Juli 2022 | 17:45 WIB

Rusia Sudah Kepung Kota Lisichansk

Senin, 4 Juli 2022 | 17:33 WIB

Istri Tjahjo Cerita Momen Jokowi Takziah

Minggu, 3 Juli 2022 | 09:13 WIB
X