• Jumat, 1 Juli 2022

Empat Peserta UTBK SBMPTN Didiskualifikasi

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:06 WIB
Ilustrasi UTBK SBMPTN (Foto: Ist)
Ilustrasi UTBK SBMPTN (Foto: Ist)

JAKARTA | Empat peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) didiskualifikasi.

Keempatnya didiskualifikasi setelah melakukan kecurangan saat mengikuti UTBK SBMPTN di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (18/5/2022) lalu.

Keempat peserta tersebut terdiri dari dua orang laki–laki dan dua orang perempuan. Keempatnya, mengikuti test masuk di program studi Kedokteran.

Sekretaris UTBK UNJ, Agung kepada wartawan menjelaskan, keempatnya didiskualifikasi lantaran bermain curang dengan menanam Cip di dalam telinga untuk berkomunikasi agar mempermudah menjawab soal ujian.

Jelas Agung, saat melakukan pemeriksaan awal menggunakan detal metektor, tim pemeriksa juga mendeteksi telephon seluler seperti kabel dan peralatan lainnya.

"Ada juga Hp. Kebetulan Hpnya Hp lama, bukan smartphone gitu ya yang ditempelkan (sambil pegang dada). Alat tersebut terkoneksi dengan sumber listrik. Dan ada juga Cip (alat pendengar). Itu yang kami tidak tahu karena ditanam di telinga. Ketauannya dari alat metal detektor, Hp pertama yang diketahui," ujar Agung dilansir dari channel MetroTv.

Agung mengaku, keempat peserta UTBK SBMPTN yang bermain curang itu sudah didiskualifikasi dan telah dilaporkan ke Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Editor: Ignasius Tulus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rusia Kutuk Finlandia dan Swedia Undang ke NATO

Kamis, 30 Juni 2022 | 18:32 WIB

Ini Daftar 23 Jenderal yang Tinggalkan TNI

Selasa, 28 Juni 2022 | 20:27 WIB

Cara Pakai WhatsApp Tanpa Kuota Internet

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:53 WIB
X