• Kamis, 26 Mei 2022

Kapolri Harap Penambahan Kapal dan Dermaga Urai Kepadatan di Pelabuhan Merak

- Sabtu, 30 April 2022 | 19:36 WIB
 Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memantau arus mudik di pelabuhan Merak (Istimewa )
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memantau arus mudik di pelabuhan Merak (Istimewa )

JAKRTA -- Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten pada Sabtu (30/04/2022). Dalam tinjauannya, Kapolri memantau baik melalui udara dan mendengarkan langsung pemaparan dari otoritas setempat terkait dengan penanganan serta pengendalian arus mudik.

"Kalau kita lihat di H-4 dan H-3 terjadi peningkatan luar biasa dibanding dengan hari sebelumnya di mana puncak arus mudiknya ada lompatan yang luar biasa. Pada tahun 2019 saat itu angkanya 28 ribu, tapi di H-3 dan H-4 tertingginya diangka 37 ribu. Kemudian sebelumnya ada di angka 31 ribu," kata Sigit.

Baca Juga: Berikut 8 Ciri–Ciri Istri Anda yang Pernah Tidur dengan Laki–laki Lain

Lebih lanjut, Sigit menuturkan kapasitas normal di Pelabuhan Merak yaitu menampung penumpang kurang lebih 19 ribu. Sehingga mau tak mau diperlukan rekayasa tambahan dan langkah dalam mencegah kepadatan.

Beberapa langkah yang dilakukan yakni penambahan kapal dan dermaga. Harapannya, dengan adanya hal itu, bisa menambah kapasitas penumpang, yang tentunya bisa digunakan memberikan pelayanan tambahan pemudik pada H-2 yang sudah mulai padat.

Baca Juga: Inilah Gaya Hidup Orang Jepang yang Perlu Tiru, dari Hidup Sehat hingga Kebersihan

"Kalau kita lihat ekornya sudah di KM 94 namun sudah mulai bergeser artinya ada kepadatan sekitar 4 sampai 6 kilometer. Mudah-mudahan penambahan ini bisa mempercepat masyarakat segera berangkat dari Merak ke Bakauheni," ujar Sigit.

Kemudian, mantan Kabareskrim Polri ini mengimbau agar masyarakat yang hendak menyebrang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni agar membeli tiket sebelum jalan. Hal ini dilakukan agar mempercepat proses saat masuk ke Pelabuhan.

Baca Juga: Beberapa Tanda Gaya Hidup Seseorang tidak Sesuai Kemampuan

Halaman:

Editor: Oswaldus Jaya Budiman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Honor Petugas TPS Pemilu 2024 Naik

Selasa, 24 Mei 2022 | 09:30 WIB

Empat Peserta UTBK SBMPTN Didiskualifikasi

Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:06 WIB
X