• Jumat, 20 Mei 2022

Wabup Matret Kokop Buka Bimtek Penatausahaan Aplikasi SIMDA FMIS

- Senin, 25 April 2022 | 18:02 WIB
 Wabup Matret Kokop Buka Bimtek Penatausahaan Aplikasi SIMDA FMIS di Kabupaten Bintuni (Istimewa )
Wabup Matret Kokop Buka Bimtek Penatausahaan Aplikasi SIMDA FMIS di Kabupaten Bintuni (Istimewa )

BINTUNI --  Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah gelar kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi SIMDA Next G Berbasis Web (FMIS) yang dilaksanakan di Aula Hotel Stenkool pada Senin (25/04/2022).

Wakil Bupati, Matret Kokop dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa aplikasi SIMDA merupakan aplikasi yang sudah akrab dan terutama yang sehari-hari bertugas di bidang keuangan daerah. SIMDA sendiri sudah dibangun oleh BPKP sejak tahun 2003 dan digunakan secara masif oleh Pemda seluruh Indonesia dengan dukungan pengembangannya, di antaranya yang tidak asing lagi bagi kita yaitu SIMDA BMD, SIMDA Gaji, SIMDA Pendapatan, SIMDA Perencanaan dan SAKIP serta Cash Management System.

Baca Juga: Puan Maharani: Penanaman Pohon di Bali Simbol Komitmen Bersama dalam Mengatasi Perubahan Iklim

Dikatakannya, lanjut Wabub Kokop, selain sebagai alat untuk mengawal akuntabilitas dan mempermudah proses pengelolaan keuangan pemerintah daerah mulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan. 

"Adapun aplikasi SIMDA Next G atau yang dikenal dengan Financial Management Information System (FMIS) merupakan produk dari perubahan regulasi yang menuntut SIMDA untuk melakukan penyesuaian dan perubahan menjadi aplikasi berbasis web yang memungkinkan untuk berbagi pakai infrastruktur dan berbagi data, aplikasi ini sendiri baru saja dirilis tahun 2021 lalu sehingga di kabupaten ini dipandang perlu untuk dilakukan pengenalan dan bimbingan teknis agar lebih mempermudah pemahaman dan tata cara penginputannya," jelasnya.

Baca Juga: Ketua DPR RI Puan Maharani Harap Kerja Legislasi DPR Tidak Hanya Sekedar Kuantitas Tapi Kualitas

Kendati demikian, dalam rangka memperkenalkan aplikasi SIMDA Next-G Berbasis Web (FMIS), BPKAD Teluk Bintuni bekerja sama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat menyelenggarakan Bimbingan Teknis Aplikasi SIMDA berbasis Web, kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud untuk mensosialisasikan serta melatih tata cara input data anggaran pada aplikasi SIMDA (FMIS).

"Tujuan utama dari penyelenggaraan bimtek ini adalah sebagai sarana alih pengetahuan dan implementasi modul FMIS yang sudah dikembangkan oleh BPKP dan diterapkan di sejumlah daerah sehingga diharapkan dapat diterapkan dengan baik juga di Teluk Bintuni sesuai kebutuhan pemerintah daerah dalam rangka peningkatan akuntabilitas demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.

Baca Juga: Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Memantau Secara Langsung Pelaksanaan Ujian Sekolah SMP/MTs

Halaman:

Editor: Oswaldus Jaya Budiman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X