• Jumat, 20 Mei 2022

Satu Orang Prajurit TNI AL Gugur di Papua, Ini Kronologisnya

- Minggu, 24 April 2022 | 18:52 WIB
 (Istimewa )
(Istimewa )

 

PAPUA -- Angkatan Laut kembali berduka atas gugur seorang prajurit bernama Pratu Mar Dwi Miftahul Achyarl akibat serangan yang dilakukan oleh KSTP (Kelompok Separatis Teroris Papua) di sekitar Kalikote, Kenyam, Nduga, Papua, pada Sabtu (23/04/2022).

Pratu Mar Dwi Miftahul Achyarl merupakan anggota Yon Taifib 2 Pasmar 2 yang tergabung dalam Satgas Trisula untuk ditugaskan mangamankan wilayah Papua.

Baca Juga: Prajurit KRI Alugoro-405 Tabur Bunga Kenang Para Ksatria KRI Nanggala-402 yang Gugur

Kronologis kejadian, pada juma’at, 22 April 2022 sekitar Pukul 17.00 WITA, Dua Tim Trisula Denpursus Satgas Kodim Mupe Yonif 3 Mar yang berjumlah 28 personel sedang melaksanakan Parimeter Siaga Senja Patroli Ambush di sekitar Kali Kote. Tiba-tiba Tim mendapatkan serangan oleh KSTP sehingga terjadi kontak tembak yang mengakibatkan Pratu Mar Dwi Miftahul Ahyar meninggal dunia setelah mengalami luka tembak dan Mayor Mar Lilik Cahyanto (Dandenpursus Satgas Kodim Mupe Yonif 3 Mar) mengalami luka akibat peluru yang rekoset.

Baca Juga: Prajurit Marinir TNI AL Laksanakan Patroli Patok Perbatasan di Sebatik

Peristiwa itu terjadi di wilayah Blind Spot dan cuaca hujan, tidak ada jaringan komunikasi HT, Telepon Satelit, dan HP sehingga saat-pasca kejadian kontak tembak tidak dapat melaporkan ke Kotis Satgas Kodim Mupe Yonif 3 Mar sehingga Tim Trisula Denpursus Satgas Kodim Mupe Yonif 3 Mar melakukan perkuatan medan sampai dengan 23 April 2022 pukul 06.00 WIT.

Keesokan hari (Sabtu 23/04/2022), sekitar pukul 06.11 WIT, Serda Mar Dino dari Tim Trisula baru bisa melaporkan peristiwa baku kontak senjata dengan KSTP di sekitar Kali Kote.

Baca Juga: Aksi Heroik Prajurit TNI Evakuasi Dua Jenazah Teroris MIT di Poso

Halaman:

Editor: Oswaldus Jaya Budiman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X