• Jumat, 20 Mei 2022

Investor Sesalkan Proses Izin di Matim yang Rumit

- Kamis, 24 Maret 2022 | 12:57 WIB
Investasi-ilustrasi-768x511
Investasi-ilustrasi-768x511

MANGGARAI TIMUR, Posflores.com -- Proses izin yang rumit dan sulit mengakibatkan beberapa investor yang hendak berinvestasi di Kabupaten Manggarai Timur mengurungkan niatnya.

AS, calon investor asal Surabaya saat ditemui oleh media ini di Borong menjelaskan, bahwa lambannya proses izin yang dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas PUPR menjadi preseden untuk para investor.

"Saya melihat potensi alam di Kabupaten Manggarai Timur sangat besar, baik itu hasil pertanian maupun hasil laut yang sangat melimpah. Namun saya mendengar dan membaca di media online bagaimana rumitnya proses izin di Matim membuat saya akhirnya berpikir dua kali untuk berinvestasi," kata AS pada Senin (22/03/2022).

Hal yang sama disampikan oleh FJ, seorang investor yang ingin membangun pabrik Porang di Matim.

"Awalnya saya mau membangun pabrik porang di Matim, tetapi saya mendengar bahwa urus izin mulai dari DLH dan Dinas PUPR khususnya di Bidang Tata Ruang sangat sulit dan rumit. Bahkan mereka terkesan membuat aturan di atas aturan. Maka saya membatalkan niat saya dan akhirnya berencana berinvestasi di Kabupaten Manggarai dan Kabupaten Manggarai Barat. Sebab di dua Kabupaten ini untuk urus izin sangat mudah," jelasnya FJ.

Demikian FJ, Pemda Matim harus banyak belajar dari Kabupaten Manggarai dan Kabupaten Manggarai Barat jika Kabupaten menaikkan PAD yang besar dan penyerapan tenaga kerja yang dapat mengurangi angka pengangguran.

Penulis: Waldus BudimanĀ 

Editor: posflores33@gmail.com

Tags

Terkini

X