• Jumat, 1 Juli 2022

Tiktok di Tengah Pandemi, Mengatasi Kejenuhan dan Memperbanyak Relasi

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 06:15 WIB
IMG_20211218_065040
IMG_20211218_065040

Oleh: Klaudia Awa, Mahasiswi Unika St. Paulus Ruteng, Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia/Semester III.

OPINI -- Sudah berbulan-bulan masyarakat di Indonesia harus berdiam di rumah saja karena pandemi covid-19 yang melanda bangsa. Bukan hal lain lagi, itu terjadi karena aturan pemerintah yang mewajibkan semua orang untuk tetap di rumah dan menjaga jarak. Kondisi tersebut, akhirnya menimbulkan kejenuhan yang masif, khususnya para milenial yang tergolong dalam generasi aktif.

Bagi kaum milenial, berdiam di rumah saja akan menjadi sesuatu hal yang tidak mudah dilakukan bagi mereka. Generasi yang cenderung suka berkelompok, terhubung satu sama lain dan suka bermain dengan teman sebaya ini akan jenuh jika hal yang disukainya itu diambil (Red, 2020).

Oleh karena itu, mereka membutuhkan suatu kegiatan untuk menghilangkan kejenuhan tersebut dan salah satunya dengan bermedia sosial.

Media sosial menjadi salah satu solusi terkini yang dapat dijangkau oleh para milenial untuk tetap terhubung dengan teman-temannya. Hal itu juga sejalan dengan karakteristik para milenial yang sangat dekat dengan penggunaan teknologi (Wijayanti, 2020).

Bicara mengenai media sosial, salah satu yang sedang menjadi trend saat ini adalah tiktok. Tiktok kini menjadi aplikasi primadona yang layak dan wajib diunduh oleh semua orang. Bahkan, menurut survei dari Sensor Tower  yang dilansir dari Okezone.com,  tiktok telah mengalahkan aplikasi besar lainnya seperti facebook dan instagram (Ferdiansyah, 2020).

Akhir-akhir ini pun, terutama pada masa pandemi, seluruh penjuru dunia masih terjadi, tiktok sedang digemari oleh seluruh kalangan. Adanya fenomena tersebut, beberapa pendapat mengenai penggunaan aplikasi tiktok pun bermunculan.

Pendapat mengenai penggunaan aplikasi tiktok yang pertama muncul dari negara adidaya, yaitu Amerika Serikat.

Banyaknya selebgram, aktor dan aktris Indonesia yang juga mengunggah video tiktok mereka ke akun media sosial. Hal ini menyebabkan tiktok banyak  digemari generasi milenial Indonesia. Hal tersebut akhirnya, membuat banyak masyarakat tertarik untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi tiktok. Salah satunya adalah artis perempuan Gisella Anastasia, perempuan dengan satu anak ini sering mengunggah video tiktok bersama dengan anaknya.

Video yang diunggahnya pun beragam, mulai dari yang kegiatan aktivitas atau hanya untuk bersenang-senang pun ada. Karena videonya banyak disukai oleh masyarakat Indonesia yang mengikuti akunnya, akhirnya pada tahun 2019 Gisella bersama dengan anaknya disebut menjadi artis popular tiktok pada waktu itu.

Tik Tok

Aplikasi TikTok kini menjadi salah satu platform sosial media yang cukup populer di kalangan masyarakat. Tik Tok adalah sebuah aplikasi jejaring sosial dan platform video music dimana pengguna bisa membuat, mengedit, dan berbagi klip video pendek lengkap dengan filter dan disertai musik sebagai pendukung.

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat membuat video pendek yang unik dengan cepat dan juga mudah untuk dibagikan dengan teman dan ke seluruh dunia. Namun, karena semakin berkembangnya aplikasi ini, kini pengguna juga bisa membuat video dengan durasi yang lebih panjang yaitu sekitar 60 detik atau yang setara dengan 1 menit. https://trikinet.com/post/apa-itu-tik-tok/

Maka dapat disimpulkan bahwa, Tik tok merupakan sebuah aplikasi yang memberikan efek spesial yang unik dan menarik yang bisa digunakan oleh para pengguna aplikasi ini dengan mudah untuk membuat vidio pendek yang keren dan bisa menarik perhatian banyak orang yang melihatnya. Aplikasi ini adalah aplikasi pembuatan video pendek dengan didukung musik, yang sangat digemari oleh orang banyak termasuk orang dewasa dan anak-anak dibawah umur. Aplikasi tik tok ini merupakan aplikasi yang juga bisa melihat video-video pendek dengan berbagai ekspresi masing-masing pembuatnya. Dan pengguna aplikasi ini bisa juga meniru dari video pengguna lainnya, seperti pembuatan video dengan musik goyang dua jari yang banyak juga dibuat oleh setiap orang. Dan video-video tersebut dibuat juga oleh anak-anak dibawah umur yakni peserta didik yang belum begitu memahami arti dari video-video tersebut.

Dengan itu adapun manfat dari tiktok. Salah satu manfat dari tiktok adalah sebagai media hiburan. Dimana aplikasi tiktok juga bisa menjadi tempat bagi Anda untuk mencari hiburan yang menarik. Ada banyak konten – konten lucu serta menarik yang bisa digunakan sebagai penghilang stres Anda.

Anda juga bisa membuat video – video yang lucu dan menarik sebagai cara untuk menghibur diri Anda serta orang-orang lain.

Cara Mendapatkan Banyak Penggemar Dan Pengikut Tiktok

Ketika orang telah mengunggah beberapa video di TikTok, berharap akan mendapat pengikut. Sejauh ini, pengikut telah mengalir lebih lambat dari yang diharapkan. Yang membuat orang bertanya-tanya, bagaimana orang bisa mendapatkan lebih banyak penggemar dan pengikut di TikTok dalam waktu singkat.

Pengguna TikTok populer tidak secara ajaib memperoleh jutaan pengikut dalam semalam. Mendapatkan pengikut sebanyak itu membutuhkan banyak pekerjaan. Tapi, untungnya bagi orang lain, di sini sangat membantu dengan mengungkapkan berbagai cara agar orang bisa mendapatkan lebih banyak penggemar dan pengikut di TikTok.

Posting Konten Asli 

Jika orang memposting jenis konten yang sama dengan orang lain, orang itu tidak akan mendapatkan banyak pengikut. Orang perlu menemukan cara untuk membuat diri sendiri menonjol di TikTok, apakah itu yang dikenakan, bagaimana bertindak, atau sandiwara yang dilakukan.

Menyuntikkan kepribadian unik diri sendiri dan ke dalam setiap video terkadang cukup untuk mengumpulkan pengikut. Saat ini, ada gelombang besar orang yang memposting video lip-sync dan menari di TikTok. Meskipun orang masih dapat sesekali memposting jenis video ini, itu tidak ideal jika orang mencoba menarik pengikut baru.

Memoles Keahlian Fotografi.

Untuk membuat video seperti pengguna TikTok yang terkenal, orang harus mempelajari dasar-dasar fotografi dan meningkatkan keterampilan kamera (bahkan jika Anda hanya menggunakan smartphone). Dengan menghapus hal-hal yang penting, orang dapat mulai merekam video yang terlihat profesional. Sebelum mulai membuat film, pastikan bisa menyingkirkan gangguan apa pun di lokasi. Itu berarti membersihkan kamar atau pindah ke area yang lebih tenang.

Perlu mengunci pengaturan fokus dan pencahayaan pada kamera ponsel. Jika tidak, ponsel akan terus-menerus menyesuaikan fokus dan pencahayaannya, membuat rekaman terlihat sangat amatir.

Bagikan Profil TikTok di Media Sosial 

Jika memiliki pengikut yang cukup besar di platform media sosial lain, harus bisa manfaatkannya. Pengikut di situs itu sudah mengenal pemilik tiktok, yang membuat mereka lebih cenderung mengikuti orang di TikTok juga.

Bagikan profil TikTok di semua akun media sosial yang lain. Ini tidak hanya menarik hal-hal berikut yang sudah dimiliki, tetapi juga dapat memperkenalkan diri kepada audiens baru.

Dapatkan Pengikut Dengan Mengikuti Orang Lain 

Cukup mengikuti pengguna lain seringkali cukup untuk memperluas jaringan tiktok. Ketika mengikuti orang lain, itu mendorong mereka untuk memeriksa profil pemilik tiktok, merupakan aturan internet yang tidak diucapkan untuk mengikuti seseorang setelah mereka mengikutinya. Setelah mengikuti pengguna yang cukup, pengikut akan meningkat dalam waktu singkat. (*)

Redaksi: Isi tulisan merupakan tanggungjawab penulis.

Editor: posflores33@gmail.com

Terkini

Rusia Kutuk Finlandia dan Swedia Undang ke NATO

Kamis, 30 Juni 2022 | 18:32 WIB

Ini Daftar 23 Jenderal yang Tinggalkan TNI

Selasa, 28 Juni 2022 | 20:27 WIB

Cara Pakai WhatsApp Tanpa Kuota Internet

Selasa, 28 Juni 2022 | 19:53 WIB
X