• Jumat, 9 Desember 2022

Mau Hidup Sehat? GERMAS Solusinya

- Senin, 1 Agustus 2022 | 11:47 WIB
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat mengikuti jalan sehat salah satu implementasi dari GERMAS  (Humas Kemkes )
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat mengikuti jalan sehat salah satu implementasi dari GERMAS (Humas Kemkes )

JAKARTA | Pemerintah melalui Kementerian Koodinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) menggelar acara ''Penggerakan Pembudayaan GERMAS'' di Halaman Ruang Heritage, Kemenko PMK, Jakarta (29/07/2022).

Menko Muhadjir Effendi menyebutkan pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dalam dua tahun ini belum optimal karena pandemi COVID-19.

Baca Juga: Waspada! WHO Tempatkan Wabah Cacar Monyet dalam Status Darurat Kesehatan Global

Melalui kegiatan ini, pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk kembali membudayakan GERMAS. Selain karena biayanya lebih murah hasilnya juga lebih bagus. Dengan demikian, derajat kesehatan masyarakat Indonesia yang setinggi-tingginya bisa tercapai.

''Melalui kegiatan ini kita ingin masyarakat teredukasi pentingnya sehat. Lebih baik mengeluarkan biaya untuk sehat daripada biaya untuk sakit. Biaya sakit itu jauh lebih mahal, dibandingkan biaya untuk sehat. Sehat itu mahal, karena itu hindarilah sakit. Salah satunya dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS),'' kata Menko Muhadjir.

Baca Juga: Dukung Dosis Keempat Vaksin Covid-19, Puan: Cakupan Booster Pertama Juga Harus Ditingkatkan

Dikatakan Menko Muhadjir, pembudayaan GERMAS sangat penting dilakukan di setiap aspek kehidupan. Terlebih dalam menghadapi tantangan sektor kesehatan yang begitu kompleks, dari mulai angka kematian ibu serta bayi yang masih tinggi, stunting, hingga Penyakit Tidak Menular (PTM).

Dirinya berharap kegiatan ini bisa dihidupkan kembali kepada seluruh lapisan masyarakat demi mencapai masyarakat yang sehat, bugar dan produktif.

''Kita harapkan ini menjadi gerakan dari bawah, masyarakat yang harus menginisiasi. Kesadaran masyarakat untuk hidup sehat seperti aktivitas fisik, makan yang terukur, dan memperhatikan faktor-faktor lain harus ditingkatkan,'' harap Menko.

Halaman:

Editor: Waldus Budiman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Beberapa Manfaat Hubungan Intim Bagi Kesehatan

Senin, 7 November 2022 | 11:20 WIB

Gejala Demam, Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini

Rabu, 2 November 2022 | 05:05 WIB
X