• Selasa, 16 Agustus 2022

Waspada! WHO Tempatkan Wabah Cacar Monyet dalam Status Darurat Kesehatan Global

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 03:03 WIB
Cacar Monyet (instagram   puskesmas_campaka_cianjur )
Cacar Monyet (instagram puskesmas_campaka_cianjur )

POSFLORES.COM | WHO (World Health Organization/WHO) menempatkan wabah cacar monyet dalam status darurat kesehatan global. Penyebarannya pun terhitung sangat cepat.

Mengutip Indonesia.go.id (Portal Informasi Indonesia), dari data yang dirilis WHO pada 22 Juni, Organisasi Kesehatan Dunia itu menyebut angka kasus infeksi 3.413 orang di 50 negara yang terhitung sejak 1 Januari 2022. Pada laporan per 22 Juli 2022 angkanya naik menjadi 16.016 kasus di 75 negara, dengan angka kematian lima orang.

Karena alasan itulah Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanon Gebreyesus segera menetapkan cacar monyet (monkeypox) itu dalam status darurat kesehatan global.

‘’Kita menghadapi wabah yang telah menyebar ke seluruh penjuru dunia dengan cepat, lewat cara penularan baru, yang kurang kita pahami, dan yang memenuhi kriteria dalam Peraturan Kesehatan Internasional. Saya pun telah memutuskan bahwa wabah cacar monyet global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang perlu menjadi perhatian dunia internasional,’’ ujar Dirjen WHO Tedros Adhanon Gebreyesus dalam keterangan persnya, pada Sabtu, 23 Juli 2022, di Jenewa, Swiss.

“Di bawah Regulasi Kesehatan Internasional, saya diminta mempertimbangkan lima elemen untuk memutuskan, apakah suatu wabah itu telah berkembang menjadi keadaan darurat bagi kesehatan masyarakat yang memerlukan perhatian internasional,’’ tambahnya. 

Lima elemen itu adalah, pertama, informasi yang diberikan oleh negara-negara telah menunjukkan bahwa virus cacar ini telah menyebar cepat ke sejumlah negara yang belum pernah melihatnya. Kedua; ada tiga kriteria kedaruratan yang terpenuhi, dan ketiga komite tidak mencapai konsensus, namun keputusan harus tetap diambil.

Yang keempat, prinsip-prinsip ilmiah, bukti, dan informasi relevan lainnya tidak cukup memadai dan menyisakan sisi-sisi yang tidak diketahui; dan kelima ada risiko atas kesehatan manusia, penyebaran internasional, dan potensi gangguan lalu lintas internasional.

Secara umum, menurut Tedros Gebreyesus, WHO menilai bahwa risiko cacar monyet masih moderat secara global, kecuali di kawasan Eropa yang dilihat risikonya cukup tinggi.

 

Halaman:

Editor: Yon Sahaja

Sumber: Indonesia.go id

Tags

Terkini

Mau Hidup Sehat? GERMAS Solusinya

Senin, 1 Agustus 2022 | 11:47 WIB

Sebanyak 41 Jemaah Haji Menjalani Tanazul

Rabu, 27 Juli 2022 | 16:27 WIB

Apa Hubungan Depresi dan Tidur, Simak Jawabannya

Selasa, 19 Juli 2022 | 09:52 WIB
X