• Selasa, 5 Juli 2022

Tiga Isu Penting yang Dibahas dalam The 1st G20 Health Ministers Meeting

- Minggu, 19 Juni 2022 | 15:44 WIB
 (Humas Kemenkes )
(Humas Kemenkes )

JAKARTA | Kementerian Kesehatan siap menggelar pertemuan pertama Menteri Kesehatan Negara Anggota G20 (The 1st G20 Health Ministers Meeting) di Daerah Istimewa Yogyakarta pada 20 Juni 2022.

Juru Bicara G20 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid menjelaskan bahwa pertemuan pertama ini bertujuan untuk menggalang dukungan dari Menteri Kesehatan G20 dalam upaya memperkuat sistem Kesehatan global serta penggalangan dana untuk menghadapi pandemi selanjutnya.

Hal ini sejalan dengan tema besar Presidensi G20 yakni ''Strengthening Global Health Architecture, with Building Global Health System Resilience and Mutual Recognition for International Mobility, and Manufacturing Hub and Research,'' yang menekankan pada tiga isu prioritas.

Baca Juga: Jemaah Haji Diminta untuk Tetap Memakai Masker

Pertemuan akan dilaksanakan secara hybrid dan dihadiri oleh Menteri Kesehatan negara anggota G20 serta undangan khusus seperti Direktur Jenderal WHO, CEO CEPI, Sekjen OECD, dan Direktur Eksekutif Global Fund dan GISAID.

Adapun ketiga isu penting yang dibahas dalam HMM adalah pertama, membahas langkah-langkah yang diperlukan untuk membangun ketahanan sistem kesehatan global, baik melalui penggalangan sumber dana dengan pembentukan Financial Intermediary Fund (FIF), penggalangan sumber daya dengan mekanisme yang lebih permanen, serta berbagi informasi dan data melalui konsep model GISAID+ untuk patogen yang berpotensi menimbulkan pandemi.

Isu prioritas kedua, membahas hasil pertemuan Health Working Group (HWG) pertama yakni harmonisasi mekanisme verifikasi sertifikat vaksin digital COVID-19 untuk mempermudah perjalanan internasional melalui pembuatan Federated Public Trust Directory antarnegara G20 berlandaskan Mekanisme Sertifikat Covid-19 yang sesuai dengan standar WHO.

Baca Juga: Menteri Kesehatan RI Minta Para Lansia Rutin Olahraga

Kemudian, isu prioritas ketiga, membahas langkah-langkah untuk menjamin pemerataan pengembangan dan pendistribusian vaksin, obat, maupun peralatan kesehatan dalam menghadapi pandemi selanjutnya.

Halaman:

Editor: Waldus Budiman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemkes RI Ciptakan Rompi Penurunan Suhu

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:56 WIB

Jemaah Haji Diminta untuk Tetap Memakai Masker

Sabtu, 18 Juni 2022 | 20:27 WIB

Kemenkes RI: Waspadai Penyakit Cacar Monyet

Senin, 30 Mei 2022 | 15:02 WIB

Jenis Hepatitis hingga Proses Pengobatannya

Kamis, 12 Mei 2022 | 16:10 WIB
X