• Jumat, 20 Mei 2022

Jenis Hepatitis hingga Proses Pengobatannya

- Kamis, 12 Mei 2022 | 16:10 WIB
Ilustrasi  (Net)
Ilustrasi (Net)

KESEHATAN -- Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar penyakit hepatitis? Hepatitis sendiri merupakan penyakit peradangan pada organ hati yang jika dibiarkan dapat memicu terjadinya kanker hati. Karena itu, diperlukan pengobatan yang berkelanjutan untuk beragam jenis hepatitis.

Pengobatan hepatitis tergantung dari kondisi penderita. Jika kondisinya masih dalam tahap akut, pengobatannya hanya memerlukan waktu kurang dari 6 bulan. Namun jika terkategori kronis, kamu harus menjalani perawatan penyakit ini lebih dari 6 bulan.

Baca Juga: Inilah Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Pasien Hepatitis

Parah tidaknya kondisi hingga bisa terkategori akut atau kronis pun sangat bergantung pada jenis hepatitis. Walaupun sama-sama berupa peradangan organ hati, setidaknya ada 5 tipe hepatitis yang mesti kamu ketahui.

Berikut ini adalah macam-macam jenis virus hepatitis berdasarkan penyebab sekaligus kemampuan pencegahannya.

 1. Virus Hepatitis A (HAV)

Hepatitis A termasuk dalam jenis hepatitis akut. Sebagian besar penderita tipe hepatitis ini sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya dan tidak cenderung berkembang menjadi hepatitis kronis. Gejala dari infeksi virus hepatitis-A">hepatitis A, antara lain rasa mual, pucat, urine yang gelap, sampai feses yang menjadi berwarna kepucatan.

Baca Juga: Jenis Makanan yang Dianjurkan untuk Pasien Hepatitis

Virus hepatitis-A">hepatitis A dapat menular ke siapa saja melalui makanan yang sudah terkontaminasi tinja dari penderita hepatitis-A">hepatitis A lainnya. Saat ini sendiri, sudah ditemukan vaksin untuk virus hepatitis-A">hepatitis A. Jika kamu mendapatkan vaksinasi tersebut, umumnya kamu akan bisa kebal terhadap jenis hepatitis yang satu ini.

Halaman:

Editor: Waldus Budiman

Sumber: lifebuoy.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jenis Hepatitis hingga Proses Pengobatannya

Kamis, 12 Mei 2022 | 16:10 WIB

10 Cara Memutihkan Gigi Kuning

Senin, 9 Mei 2022 | 20:41 WIB

Ini Efek Samping Vaksin Covid–19 Moderna

Kamis, 5 Mei 2022 | 14:18 WIB
X