• Jumat, 20 Mei 2022

Inilah Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Pasien Hepatitis

- Rabu, 11 Mei 2022 | 11:19 WIB
hellosehat
hellosehat

KESEHATAN -- Penderita penyakit hepatitis mungkin akan diminta dokter untuk hati-hati dalam memilih makanan. Pasalnya, makanan dan minuman tertentu bisa merusak fungsi hati dan memperparah hepatitis yang dialami. Berikut pantangan makanan untuk pengidap hepatitis.

Sebenarnya, belum ada pedoman diet khusus untuk pasien hepatitis. Namun, makanan dan minuman di bawah ini dianjurkan untuk dihindari sementara waktu. Hal ini bertujuan untuk mencegah risiko kerusakan hati lebih parah akibat hepatitis.

Baca Juga: Jenis Makanan yang Dianjurkan untuk Pasien Hepatitis

Berikut ini daftar pantangan makanan dan minuman yang perlu diperhatikan pengidap hepatitis, sebagaimana yang dikutip Posflores.com dari hellosehat dengan judul asli "Tujuh Pantangan Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Pengidap Hepatitis".

1. Alkohol

Alkohol merupakan salah satu jenis minuman yang masuk dalam daftar pantangan makanan untuk pengidap hepatitis. Mengapa demikian?

Alkohol terhadap kesehatan hati memang membawa pengaruh buruk, baik yang mengalami hepatitis maupun penyakit hati lainnya. Hal ini dikarenakan alkohol dan minuman keras dapat mempercepat laju kerusakan hati pada pasien hepatitis C.

Bahkan, konsumsi alkohol juga menghambat fungsi obat antivirus. Itu sebabnya, pasien hepatitis dan penyakit hati lainnya sangat dianjurkan untuk menghindari alkohol.

Baca Juga: Mengenal Gejala Hepatitis, Faktor Resiko hingga Proses Pengobatan

Halaman:

Editor: Waldus Budiman

Sumber: hellosehat.com, Patricia Lukas Goentoro, Lika Aprilia Samiadi

Tags

Terkini

Jenis Hepatitis hingga Proses Pengobatannya

Kamis, 12 Mei 2022 | 16:10 WIB

10 Cara Memutihkan Gigi Kuning

Senin, 9 Mei 2022 | 20:41 WIB

Ini Efek Samping Vaksin Covid–19 Moderna

Kamis, 5 Mei 2022 | 14:18 WIB
X