• Jumat, 20 Mei 2022

10 Cara Memutihkan Gigi Kuning

- Senin, 9 Mei 2022 | 20:41 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

KESEHATAN | Gigi kuning dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang, terutama saat berbicara atau berhadapan dengan orang lain. 

Gigi yang menguning disebabkan oleh beberapa faktor. Gigi yang menguning akan terlihat kusam dan kurang menarik sehingga banyak orang yang mencari cara memutihkan gigi yang kuning. 

Mereka biasanya berusaha memutihkan gigi kuning di dokter gigi. Cara memutihkan gigi di dokter gigi biasanya menggunakan bahan kimia seperti hidrogen peroksida atau carbamide peroksida di dalamnya. 

Sementara itu, untuk membersihkan noda gigi dan memutihkan gigi ternyata bisa juga dilakukan dengan bahan-bahan alami. Berikut cara menghilangkan gigi kuning secara alami

1. Baking Soda

Baking soda atau soda kue memiliki khasiat sebagai pemutih alami. Tak heran, bahan ini populer digunakan dalam pasta gigi. Baking soda merupakan bahan abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda pada permukaan gigi.

Selain itu, soda kue dapat menciptakan lingkungan alkali di dalam rongga mulut untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Namun, hasilnya tidak akan terlihat hanya dengan satu kali penyikatan.

Cara menggunakannya sangat mudah. Campurkan satu sendok teh soda kue dengan air secukupnya, lalu aduk hingga membentuk pasta. Letakkan pasta pada sikat gigi, lalu gosok secara perlahan sekitar satu menit. Lalu bilaslah dengan air bersih. Lakukan cukup dua kali seminggu.

Anda dapat  mulai melihat hasilnya sekitar beberapa minggu. Apabila sudah terlihat hasilnya, kurangi pemakaian menjadi satu kali seminggu. Sebab, sifat abrasif dari baking soda dapat mengikis lapisan email gigi dan bisa berpotensi merusak gigi. 

Jadi, pemakaian baking soda untuk sikat gigi sebenarnya tidak disarankan. Lebih baik menggunakan pasta gigi yang mengandung baking soda karena sudah pasti aman dan efektif untuk membantu membersihkan gigi kuning.

2. Minyak Kelapa

Berkumur dengan minyak kelapa adalah salah satu cara yang dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi karena memiliki sifat anti bakteri. Minyak kelapa kaya akan asam laurat yang dikenal dapat mengurangi peradangan gusi, serta mengurangi bau mulut dan penumpukan plak gigi. 

Menurut Journal of Advance Oral Research, berkumur dengan minyak kelapa tidak memiliki dampak dalam memutihkan gigi. Berkumur minyak kelapa hanya bisa mengurai dan melarutkan bakteri di dalam penumpukan plak saja, sehingga setelah berkumur akan terlihat sisa makanan dan plak ikut terbuang. 

Cara menggunakannya, ambil satu sendok makan minyak kelapa, berkumurlah selama 15 menit kemudian buang dan lanjutkan menyikat gigi dengan pasta gigi mengandung fluoride. Dengan cara ini anda sekaligus akan terhindar dari bau mulut.

3. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel telah digunakan selama berabad-abad sebagai produk pembersih alami dan disinfektan. Beberapa penelitian pernah menyatakan cuka sari apel bisa memutihkan gigi. Namun, percobaan tersebut dilakukan terhadap gigi sapi, bukan gigi manusia yang masih memiliki pembuluh darah dan gusi.

Cuka sari apel mengandung Asam asetat yang merupakan bahan aktif utama berfungsi untuk membunuh bakteri. Cuka sari apel dengan pH 2,5 dan 3 termasuk larutan bersifat asam. 

Cuka sari apel yang terlalu lama berkontak dengan gigi dapat melarutkan lapisan email gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Jadi, sangat tidak disarankan untuk memutihkan gigi dengan menggunakan cuka sari apel.

4. Siwak

Menggunakan batang siwak adalah salah satu cara untuk membersihkan gigi pada kebanyakan kaum muslim lebih dari ribuan tahun yang lalu. 

Biasanya, siwak digunakan sebagai alat penunjang setelah menyikat gigi. Siwak memang efektif dalam membersihkan plak gigi dan menjaga kesehatan gusi. 

Namun, penggunaan siwak memiliki efek samping yaitu adanya penurunan gusi dan juga terlepasnya perlekatan antara gigi dan gusi

5. Air Garam

Berita tentang berkumur dengan air garam sebagai salah satu cara alami untuk memutihkan gigi banyak terdapat di media-media sosial. Namun, berita tersebut tidak sepenuhnya benar. 

Berkumur dengan air garam memang memiliki banyak manfaat baik. Dalam Journal of Indian Society of Pedodontics & Preventive dentistry, air garam dapat mengurangi penumpukan plak gigi dan berguna sebagai tambahan dalam pembersihan gigi untuk pencegahan penyakit gigi dan mulut. 

Dengan berkurangnya penumpukan plak pada gigi, maka otomatis gigi akan terlihat lebih bersih dan putih. Kemungkinan hal inilah yang menyebabkan banyak berita mengatakan bahwa air garam dapat memutihkan gigi secara alami. 

6. Lemon

Lemon juga termasuk salah satu bahan alami yang sering diberitakan dapat memutihkan gigi. Ada yang menggunakan lemon untuk menyikat gigi dan juga berkumur dengan jus lemon.

Lemon memiliki pH atau tingkat keasaman 2,3. Semakin rendah pH, maka sifatnya semakin asam. Tingkat pH yang terlalu rendah dapat merusak gigi dengan menyebabkan kalsium di dalam gigi larut yang kemudian memberikan warna seperti putih kapur. 

Hal inilah yang membuat orang merasa tampilan giginya lebih putih saat pakai lemon, padahal gigi tersebut mulai mengalami kerusakan.

Di dalam jurnal International Journal of Current Research, ada penelitian yang membuktikan bahwa lemon dapat memutihkan gigi yaitu dengan cara menggosokkannya ke gigi selama 1 menit dan merendam gigi selama 6 jam dalam jus lemon. 

Namun,  penelitian tersebut dilakukan pada spesimen gigi, tidak langsung pada manusia, sehingga efek samping dari penggunaan lemon seperti gigi ngilu, keropos dan rapuh tidak dapat diteliti. 

Jika Anda ingin mencoba menggunakan lemon maka penggunaannya tidak boleh lebih dari dua kali seminggu. Jika berlebihan, aktivitas tersebut bisa membuat gigi keropos dan rusak. 

7. Stroberi

Stroberi terkenal dengan kandungan asam malat yang sering digunakan sebagai tambahan zat di dalam pasta pemutih gigi. Selain itu, buah ini juga mengandung asam askorbat yang bisa memutihkan gigi serta mengandung serat yang dapat membersihkan permukaan gigi dari plak gigi, sisa makanan, dan bakteri. 

Kendati demikian, menggunakan stroberi untuk sikat gigi secara langsung bisa berbahaya. Pasalnya, aktivitas  itu bisa merusak gigi. 

Oleh karena itu, setelah menggunakan stroberi untuk memutihkan gigi, Anda dianjurkan segera menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride. Anda juga perlu melakukan flossing dengan benang gigi supaya tidak ada stroberi yang tertinggal di sela-sela gigi.

8. Apel

Buah apel tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh karena kandungan fibernya tapi juga bisa membuat gigi anda terlihat lebih bersih dan putih. Mengonsumsi buah apel juga dapat menjadi cara memutihkan gigi kuning. Mengunyah apel dipercaya dapat menggosok permukaan gigi yang kuning.

Apel mengandung asam ellagic yang berpotensi untuk membantu proses pemutihan gigi dan hidrogen peroksida untuk membantu proses metabolisme tubuh

Namun, jika dibanding dengan stroberi, kandungan asam ellagic apel lebih rendah, sehingga tidak efektif jika digunakan untuk memutihkan gigi kuning.

9. Buah Pepaya

Siapa sangka bahwa pepaya bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk memutihkan gigi alami. Buah pepaya mengandung papain yang merupakan enzim protease alami. Enzim protease ini dapat memecah protein, termasuk stain yang menempel pada permukaan gigi. 

Penelitian yang diterbitkan Clinical Oral Investigations Journal, mengatakan bahwa dengan mengaplikasikan gel yang mengandung papain dan bromelain (zat yang terkandung dalam buah nanas), dapat menghilangkan stain atau noda yang menempel di permukaan email gigi. 

Oleh karena itu terdapat produk pasta gigi yang memiliki kandungan papain. Karena jika permukaan stain di email gigi hilang, tampilan gigi akan tampak menjadi lebih putih.

10. Buah Nanas

Selain pepaya, ternyata menggunakan buah nanas juga dipercaya sebagai cara untuk memutihkan gigi kuning. Pasalnya, buah nanas memiliki kandungan enzim seperti bromelain, catalase, dan polyphenol peroksida.

Di dalam Journal of Conservation Dentistry dinyatakan bahwa menggunakan bahan hidrogen peroksida ditambah ekstrak buah nanas untuk memutihkan gigi memberi hasil perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan penggunaan bahan hidrogen peroksida saja. (drg. Callista Argentina).

Editor: Ignasius Tulus

Sumber: klikdokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jenis Hepatitis hingga Proses Pengobatannya

Kamis, 12 Mei 2022 | 16:10 WIB

10 Cara Memutihkan Gigi Kuning

Senin, 9 Mei 2022 | 20:41 WIB

Ini Efek Samping Vaksin Covid–19 Moderna

Kamis, 5 Mei 2022 | 14:18 WIB
X