• Kamis, 26 Mei 2022

Mengenal Gejala Hepatitis E, Resiko, Penyebab hingga Proses Pengobatan

- Jumat, 6 Mei 2022 | 12:06 WIB
Ilustrasi  (Hello sehat)
Ilustrasi (Hello sehat)

 

KESEHATAN -- Hepatitis E termasuk salah satu jenis penyakit hepatitis. Penyakit ini adalah infeksi hati akut berpotensi serius yang disebabkan oleh virus HEV. Berbeda dengan jenis hepatitis lain, penyebaran virus Hepatitis E terjadi saat seseorang mengonsumsi air atau yang terkontaminasi virus HEV. Penularan Hepatitis E juga dapat terjadi melalui transfusi darah, ibu hamil ke janin, serta hewan yang terinfeksi virus HEV.

Faktor Risiko Hepatitis E

Hepatitis bisa menyerang siapa saja, tetapi terdapat beragam faktor yang meningkatkan risiko yang membuat seseorang lebih rentan terhadap virus Hepatitis E, antara lain:

Kebersihan pribadi yang buruk, virus Hepatitis E masuk ke feses ketika BA, berhubungan intim tanpa menggunakan kondom dan berganti-ganti pasangan.

Baca Juga: Empat Anjuran Pola Makan untuk Pengidap Hepatitis D, Salah Satunya Hindari Alkohol

Tinggal dengan seseorang yang mengidap infeksi HEV kronis. Bepergian ke wilayah dengan tingkat infeksi HEV yang tinggi.

Penyebab Terjadinya Hepatitis E

Infeksi dan gejala dari penyakit ini disebabkan oleh HEV (Hepatitis E Virus) dan bisa ditularkan melalui makanan atau air yang sudah terkontaminasi oleh feses pengidap Hepatitis E. Selain dari makanan dan minuman, penularan Hepatitis E juga bisa terjadi lewat transfusi darah, antara ibu dengan janin jika si ibu terinfeksi, serta hubungan intim tanpa pengaman. Jika seseorang terjangkit Hepatitis E, orang tersebut akan mengalami infeksi hati akut.

Gejala Hepatitis E

Halaman:

Editor: Oswaldus Jaya Budiman

Sumber: Halodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jenis Hepatitis hingga Proses Pengobatannya

Kamis, 12 Mei 2022 | 16:10 WIB

10 Cara Memutihkan Gigi Kuning

Senin, 9 Mei 2022 | 20:41 WIB

Ini Efek Samping Vaksin Covid–19 Moderna

Kamis, 5 Mei 2022 | 14:18 WIB
X