• Jumat, 20 Mei 2022

Empat Anjuran Pola Makan untuk Pengidap Hepatitis D, Salah Satunya Hindari Alkohol

- Jumat, 6 Mei 2022 | 09:55 WIB
 (Ilustrasi )
(Ilustrasi )

 

KESEHATAN -- Hepatitis D merupakan satu dari lima jenis hepatitis yang ada. Penyakit yang satu ini terjadi karena adanya infeksi virus Hepatitis D (Delta Virus). Infeksi tersebut menyebabkan terjadinya radang pada organ hati. Meski demikian, biasanya Hepatitis D membutuhkan virus Hepatitis B untuk dapat menjangkiti sel hati.

Virus Hepatitis D memiliki dua cara penularan. Pertama, penularan terjadi karena infeksi yang terjadi bersamaan secara simultan Hepatitis B dengan Hepatitis D, yang disebut dengan koinfeksi. Cara penularan yang kedua disebut superinfeksi, yaitu infeksi virus Hepatitis D terjadi pada orang yang sebelumnya sudah terinfeksi virus Hepatitis B.

Baca Juga: Mantan Pemain Juventus, Marco Motta Resmi Dilepaskan dari Skuad Persija Jakarta

Infeksi virus Hepatitis D bisa menyebabkan peradangan dan memengaruhi kemampuan serta fungsi organ hati. Kabar buruknya, hingga kini masih belum ada obat antivirus untuk mengatasi infeksi Hepatitis D. Tapi jangan khawatir, jika sudah terlanjur mengidap penyakit ini, kamu bisa menjalani perawatan yang medis atau dari dokter.

Selain itu, pengidap Hepatitis D juga dianjurkan untuk melakukan perubahan pola hidup, termasuk soal makanan. Nyatanya, melakukan pengaturan pola makan bisa membantu untuk pengidap Hepatitis D. Lantas, bagaimana aturan pola makan yang dianjurkan untuk pengidap Hepatitis D?

Baca Juga: Wakili Indonesia, Siswi SMAN 5 Poco Ranaka Ikut Atlet Kempo di Hammamet

Makanan Untuk Pengidap Hepatitis yang Dianjurkan

1. Kurangi Garam
Perubahan pola makan menjadi hal paling penting yang harus dilakukan pengidap Hepatitis D. Salah satu jenis makanan yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung banyak garam (sodium). Pasalnya, konsumsi garam berlebih bisa membuat tubuh mempertahankan cairan, serta memperparah pembengkakan pada perut dan kaki.

Halaman:

Editor: Oswaldus Jaya Budiman

Sumber: Halodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jenis Hepatitis hingga Proses Pengobatannya

Kamis, 12 Mei 2022 | 16:10 WIB

10 Cara Memutihkan Gigi Kuning

Senin, 9 Mei 2022 | 20:41 WIB

Ini Efek Samping Vaksin Covid–19 Moderna

Kamis, 5 Mei 2022 | 14:18 WIB
X