• Kamis, 26 Mei 2022

Kenali Gejala Hepatitis D, Penyebab, Resiko hingga Proses Pengobatannya

- Jumat, 6 Mei 2022 | 09:21 WIB
Ilustrasi  (Halodoc.com)
Ilustrasi (Halodoc.com)

 

KESEHATAN -- Hepatitis D disebabkan oleh infeksi virus Hepatitis D (Delta Virus). Virus ini mengakibatkan terjadinya radang pada hati. Faktanya, setiap jenis Hepatitis memiliki cara penyebaran dan gejala yang berbeda-beda, termasuk jenis Hepatitis D ini. Khusus untuk Hepatitis D, penyakit ini “butuh” virus Hepatitis B untuk menjangkiti sel hati.

Penularannya dapat ditempuh dengan dua cara, pertama dengan infeksi bersamaan secara simultan Hepatitis B dengan Hepatitis D (koinfeksi). Kedua dengan infeksi virus Hepatitis D pada individu yang telah terinfeksi Hepatitis B sebelumnya (superinfeksi).

Baca Juga: Ini Efek Samping Vaksin Covid–19 Moderna

Hepatitis D bisa menimbulkan penyakit akut maupun kronis. Hepatitis D akut terjadi tiba-tiba dengan gejala yang lebih parah dibanding Hepatitis D kronis. Saat infeksi Hepatitis D terjadi selama 6 bulan atau lebih, maka infeksi ini disebut dengan infeksi kronis.

Infeksi kronis gejala yang timbul berkembang dan bertambah parah secara perlahan. Virus umumnya menetap dalam tubuh selama beberapa bulan sebelum gejala pertama muncul. Semakin lama, infeksi terjadi, maka risiko terjadinya komplikasi akibat penyakit ini pun semakin tinggi. Sayangnya, sampai sekarang belum ditemukan obat untuk penyakit Hepatitis D.

Faktor Risiko Hepatitis D

Beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena Hepatitis D antara lain: Terkena infeksi Hepatitis B, sering menerima transfusi darah, melakukan hubungan intim sesama jenis, terutama pria, penyalahgunaan obat-obatan terlarang melalui jarum suntik, pasien cuci darah, pekerja fasilitas kesehatan.

Baca Juga: Kenali Gejala Hepatitis C, Pengobatan dan Proses Pencegahannya

Penyebab Hepatitis D

Halaman:

Editor: Oswaldus Jaya Budiman

Sumber: Halodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jenis Hepatitis hingga Proses Pengobatannya

Kamis, 12 Mei 2022 | 16:10 WIB

10 Cara Memutihkan Gigi Kuning

Senin, 9 Mei 2022 | 20:41 WIB

Ini Efek Samping Vaksin Covid–19 Moderna

Kamis, 5 Mei 2022 | 14:18 WIB
X