• Selasa, 5 Juli 2022

Ternyata ini Negara Pelindung Ekspor Minyak Rusia

- Jumat, 24 Juni 2022 | 16:33 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin (Reuters AAA)
Presiden Rusia Vladimir Putin (Reuters AAA)

 

JAKARTA- India dilaporkan memberikan sertifikasi keselamatan untuk lusinan kapal Rusia. Ini memungkinkan ekspor minyak dilakukan ke luar negeri, meski sanksi berlaku dari Barat karena serangan ke Ukraina.

Sertifikasi itu diberikan Indian Register of Shipping (IRClass), salah satu perusahaan klasifikasi top dunia, ke kapal-kapal yang dikelola anak perusahaan Sovcomflot, grup pelayaran terkemuka Rusia di Dubai.

Setidaknya ada 80 kapal yang dikelola SCF Management Services (Dubai) Ltd, terdaftar sebagai anak perusahaan Sovcomflot di website perusahaan.

"Sumber pengiriman India yang mengetahui proses sertifikasi mengatakan sebagian besar kapal Sovcomflot kini telah 'bermigrasi' ke IRClass, melalui cabang Dubai," tulis Reuters, dimuat Kamis (23/6/2022).

"Publikasi dari industri pengiriman TradeWinds pekan lalu melaporkan bahwa sebagian besar armada kapal tanker internasional Sovcomflot yang tidak diklasifikasikan karena sanksi, telah dipindahkan ke IRClass pada bulan April dan Mei," must media itu lagi.

Dengan sertifikasi IRClass, kapal-kapal itu disebut "aman" dan "layak" di laut. Ini akan mengamankan asuransi dan memungkinkan kapal mendapat akses ke pelabuhan.

Belum ada konfirmasi soal ini. Namun Juru bicara IRClass memberi pembelaan.

"IRClass sebagai lembaga klasifikasi kapal internasional, menegaskan kembali bahwa kami belum mengklasifikasikan kapal yang dimiliki, ditandai, atau dikelola oleh perusahaan Rusia," jawab perusahaan.

Sanksi barat ke Rusia mendorong importir minyak menghindari perdagangan dengan Moskow. Namun beberapa memang telah membeli minyak Rusia yang division seperti India.

Halaman:

Editor: Ferdinandus Lalong

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ukraina Serang Balik Pangkalan Rusia

Senin, 4 Juli 2022 | 17:16 WIB

Rusia Gempur Kota Mykolaiv

Minggu, 3 Juli 2022 | 12:46 WIB

Rusia Ancam NATO PD3, Ukraina Harus Nyerah

Jumat, 1 Juli 2022 | 13:17 WIB

Lakalantas di Ruteng Dua Orang Meninggal Dunia

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:43 WIB

Kasus Holywings Enam Orang jadi Tersangka

Minggu, 26 Juni 2022 | 17:33 WIB

Putin Hadir Forum BRICS, Ada Apa?

Kamis, 23 Juni 2022 | 17:33 WIB

Pemilik Senpi Ternyata Anggota Polri

Kamis, 23 Juni 2022 | 07:20 WIB
X