• Minggu, 27 November 2022

Tunjangan Guru Pengganti Sertifikasi Mencapai 20 Juta di 2023

- Rabu, 23 November 2022 | 13:18 WIB
Tunjangan sertifikasi guru capai 20 juta (Naikpangkat.com)
Tunjangan sertifikasi guru capai 20 juta (Naikpangkat.com)


POSFLORES.COM | Pada tahun 2023 tunjangan sertifikasi resmi dihapuskan dan sebagai penggantinya dinas pendidikan mengubah dengan nama tunjangan guru. Tunjangan guru 2023 akan diberikan dengan jumlah yang cukup besar.

Nadiem Makarim selaku Menteri pendidikan mengatakan di dalam naskah RUU Sisdiknas tunjangan sertifikasi guru resmi dihapuskan, akan tetapi guru masih dapat menerima tunjangan pada tahun 2023. RUU Sisdiknas nantinya dibentuk sebagai pengganti UU tentang pendidikan sebelumnya yang kurang relevan.

Tunjangan guru akan langsung didapatkan sebanyak 290 ribu guru sebagai pengganti tunjangan sertifikasi yang telah dihapus.

Baca Juga: Cara Cek dan Syarat Tunjangan Profesi Guru Non PNS

Besaran gaji tunjangan guru pada tahun 2023 ini mampu membuat para pendidik guru senang dan gembira karena jumlah tunjangannnya mampu mencapai angka Rp 20 juta.

Menteri pendidikan Nadiem Makarim menyatakan bahwa terdapat 1,6 juta guru non sertifikasi akan dipastikan bakal menerima dana tunjangan profesi guru.

Hal tersebut pastinya tidak perlu kembali untuk menunggu lama antrean untuk mengikuti PPG yang sebelumnya menjadi persyaratan agar bisa menerima tunjangan profesi guru.

Baca Juga: Dirjen GTK: Kategori Guru yang Dipastikan Jadi PPPK Guru 2022

Seperti yang sudah diketahui, selama ini penerima tunjangan profesi guru diberikan syarat yang ketat yaitu salah satunya harus mengikuti PPG atau sudah di sertifikasi dan baru bisa menerima tunjangan profesi guru.

Disebutkan Kemendikbud, guru profesional menjadi syarat mutlak untuk menciptakan sistem dan praktik pendidikan yang berkualitas.

Penghapusan tunjangan profesi guru bertujuan untuk memberikan semua guru penghasilan yang layak, tidak hanya bagi guru yang telah tersertifikasi saja.

Baca Juga: Songsong Hari Guru Nasional, Guru Harus Tingkatkan Skill Ini

Menteri pendidikan Nadiem Makarim, menyatakan bahwa dalang 1,6 juta guru di Indonesia belum menerima tunjangan sertifikasi guru padahal sudah melakukan mengabdi.

Melalui akun youtube resmi Kemendikbud RI bahwa Menteri pendidikan NAdiem Makarim menyampaikan terdapat beberapa informasi penting.

Tunjangan profesi guru sudah tercantum dalam undang undang nomor 14 tahun 2005 yang dimana tunjangan profesi guru hanya akan diberikan untuk guru yang sudah sertifikasi.

Baca Juga: Berikut Jadwal PPPK Tenaga Teknis 2022, Simak Syaratnya Disini

Ini akan menunjukan bahwa sebagian guru yang belum mengikuti tahap sertifikasi maka belum bisa menerima tunjangan profesi padahal sudah melakoni mengajar sekian tahun lamanya.

Meskipun, guru yang selama ini belum melakukan sertifikasi belum bisa untuk mendapatkan tunjangan profesi guru dan memperoleh pendapatan yang layak.

Selain itu, jika RUU Sisdiknas disahkan, sebanyak 50.000 pendidik di kesetaraaan, 232.000 pendidik PAUD, dan 11.000 guru pesantern formal juga akan diakui sebagai guru.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar! Hasil Akhir, Argentina Dibantai Arab Saudi, Berikut Skornya

Dampak positif lainnya jika nanti disahkan RUU Sisdiknas program PPG dapat difokuskan untuk mencetak guru-guru baru. Sedangkan untuk guru yang sudah bekerja seharusnya sudah bisa untuk mendapatkan tunjangan yang sesuai dengan UU ASN tanpa harus melalui proses sertifikasi yang antreannya panjang sekali.

Bagi guru yang telah memenuhi persyaratan yang tertera dalam RUU Sisdiknas, dapat memperoleh besaran tunjangan profesi guru pada tahun 2023 maksimal dapat mencapai Rp 20 Juta.

Baca Juga: Songsong Hari Guru Nasional, Guru Harus Tingkatkan Skill Ini

Demikian penjelasan mengenai tunjangan profesi guru dalam RUU Sisdiknas tahun 2023, TPG yang cair dapat mencapai Rp 20 juta, dan guru PAUD bisa mendapatkan tunjangan. Semoga bermanfaat!


Editor: Ferdinandus Lalong

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemdikbud Buka Program Baru, Guru Wajib Baca

Minggu, 27 November 2022 | 16:48 WIB

Kemendikbudristek Dorong Transformasi Digital Pendidikan

Minggu, 27 November 2022 | 16:28 WIB

Kemdikbud Terbitkan Modul Guru Belajar, Wajib Baca

Sabtu, 26 November 2022 | 05:52 WIB

Kado Hari Guru Nasional, Guru Mendapat Tunjangan TPP

Jumat, 25 November 2022 | 05:27 WIB

Kabar Baik! 700 Miliar Dana BOS Tahap 2 Telah Cair

Jumat, 25 November 2022 | 05:22 WIB
X