• Kamis, 6 Oktober 2022

Gelar Festival Golo Koe, Panitia Adakan Ritual Adat Teing Hang Kolang di Kantor Bupati Manggarai Barat

- Senin, 8 Agustus 2022 | 20:51 WIB
Festival Golo Koe  (Istimewa )
Festival Golo Koe (Istimewa )

 

LABUAN BAJO - Keuskupan Ruteng sedang menyelenggarakan Festival Golo Koe yang dilaksanakan di Kevikepan Labuan Bajo, Mangggarai Barat.

Sebelum kegiatan, Panitia Pelaksana melakukan ritual adat yakni Acara teing hang Kolang yang diadakan di Kantor Bupati Manggarai Barat.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Manggarai Barat dr. Yulianus Weng, M.Kes selaku Ketua Umum Festival Golo Koe, Vikjen Keuskupan Ruteng RD. Alfons Segar, Pr, Sekjen Keuskupan Ruteng RD. Manfret Habur, Pr, Vikep Labuan Bajo RD. Rikardus Manggu, Pr, Sekda Manggarai Barat Drs. Fransiskus S. Sodo, Ketua Komisi Budaya dan Pariwisata Keuskupan Ruteng RD. Inosensius Sutam, Para Pimpinan OPD lingkup pemda Manggarai Barat, Para Tokoh Adat Nggorang, Lancang, Sernaru, Labuan Bajo dan Kaper.

Baca Juga: Brigadir R dan Bharada RE Menjadi Tersangka Pembunuhan Berencana, Kasus akan Terus Diusut

Baca Juga: Protes Masyarakat Membuahkan Hasil, Kebijakan Tarif Masuk TNK Rp3,75 Jt Ditunda Penerapannya

Acara Teing Hang Kolang ini adalah sebuah ritual untuk Minta Restu kepada leluhur, ataun Nenek moyang atau pemilik tanah atau mereka yang sudah meninggal agar mereka memberi Izin dam Kegiatan ini berjalan dengan baik.

Dalam keyakinan masyarakat Manggarai, Teing Hang Kolang dilakukan karena keyakinan bahwa mereka (para Leluhur) ada dan memperhatikan kita, sehingga kegiatan sebelum melaksanakan Kegiatan harus meminta restu dan perlindungan agar terjaga.

Kegiatan Teiing hang juga dilaksanakan agar tidak ada kesalahpahaman. Dalam bahasa Manggarai disebut Rantang Babang Agu langat, Rantang Mangga Watang Lamba, Sengkang mena agu ronggo doong, porong sangged lawa ata liup lonto Festival Golo Koe Bolek Loke Baca Tara.

Festival Golo Koe yang akan dilaksanakan diharapkan berjalan lancar dan sukses serta semua orang yang mengikuti kegiatan atau semua yang mengambil bagian dalam acara Festival golo Koe diberi kesehatan, dijauhkan dari segala macam mara bahaya, rintangan atau hambatan, gangguan roh jahat dan kecelakaan.(*)

Baca Juga: Jelang Piala El Tari, Persematim Telah Memilih Pemain, Diseleksi dari Tiap Kecamatan

Halaman:

Editor: Yon Sahaja

Tags

Terkini

Bansos September Sudah Cair, Cek Informasi Berikut

Kamis, 6 Oktober 2022 | 06:48 WIB

Simak Cara Cek BLT BBM 2022 Tahap 1 Rp 600.000

Senin, 19 September 2022 | 10:41 WIB

Wajib Diketahui! Ini Manfaat Daun Pepaya bagi Kesehatan

Jumat, 16 September 2022 | 10:22 WIB

Ternyata Ini Manfaat Daun Pepaya, Wajib Dibaca

Jumat, 16 September 2022 | 09:23 WIB

Kasus Pinjaman Online, Guru TK ini Dipecat

Kamis, 15 September 2022 | 07:55 WIB
X