• Selasa, 5 Juli 2022

Mantan Menteri ESDM: Jika Harga Minyak Dunia Bisa Dinaikan, Maka Secara Logika Bisa Diturunkan

- Senin, 20 Juni 2022 | 10:25 WIB
Proses pengeboran minyak bumi (Ilustrasi)
Proses pengeboran minyak bumi (Ilustrasi)

JAKARTA - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Acandra Tahar mengatakan bila secara logika, harga minyak dunia bisa dinaikan, maka tentu bisa diturunkan.

Berikut pernyataan yang ditulis Acandra Tahar pada akun Instagram Acandra.Tahar. Seperti dinukil posflores.com dari akun Instagram pribadinya.

"Sahabat IG dan FB yang baik, pada tulisan sebelumnya sudah dibahas mengenai 5 faktor yang membuat harga minyak tinggi. Secara logika, kalau ada yang bisa menaikkan harga tentu ada juga yang bisa menurunkannya, dengan asumsi krisis Rusia Ukraina tetap berlagsung. Apa saja faktor itu? Mari kita bahas satu persatu.

BACA JUGA: psm-makasar-optimis-lolos-runner-up-group-d

BACA JUGA: masuk-dalam-group-h-afc-cup-2022-ini-daftar-skuad-psm-makasar

Pertama, negosiasi masalah nuklir Iran mencapai titik temu, sehingga sanksi yang diberiakukan selama ini bisa dicabut. Dengan dicabutnya sanksi ini, suplai minyak dunia bisa bertambah paling tidak sebesar 2.5 juta bpd atau sekitar 2.59 kebutuhan dunia.

Artinya, suplai minyak dari Rusia yang diperuntukkan bagi ekspor sebesar 4 juta bpd bisa diatasi sebagian besar dari Iran. Sisanya bisa didapat dari peningkatan produksi dari lapangan minyak di Arab Saudi, Kuwait dan UAE.

Kedua, sanksi ekonomi yang selama ini diberlakukan terhadap Venezuela bisa dicabut sebagian, terutama yang menyangkut kegiatan eksplorasi dan produksi migas. Seperti yang kita tahu, Venezuela punya cadangan minyak terbesar di dunia melebihi Arab Saudi.

BACA JUGA: hadapi-persebaya-pada-group-c-bali-united-optimis-raih-kemenangan

Halaman:

Editor: Yon Sahaja

Tags

Terkini

Sepintas Perjalanan Karir Politik Tjahjo Kumolo

Sabtu, 2 Juli 2022 | 16:37 WIB

Ucapan HUT Bhayangkara yang Cocok Buat Story

Jumat, 1 Juli 2022 | 16:42 WIB

Madu Sumbawa Laris Manis di Sirkuit MXGP

Minggu, 26 Juni 2022 | 14:20 WIB
X