• Jumat, 19 Agustus 2022

Tanggapan Moderator Musik Liturgi Seminari Ledalero Soal Koor yang Nyanyikan Lagu Pop saat Perayaan Ekaristi

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 12:09 WIB
Potongan gambar video koor yang nyanyikan lagu pop saat perayaan ekaristi (istimewa)
Potongan gambar video koor yang nyanyikan lagu pop saat perayaan ekaristi (istimewa)

 

MAUMERE | Viral video anggota koor yang menyayikan lagu Pop profan saat perayaan Ekaristi, yakni lagu Cinta Luar Biasa karya Andmesh Kamaleng dan Rumah Kita karya group musik God Bless.

Dari pantuan media ini, peristiwa tersebut terjadi di Paroki St.  Fransiskus Asisi Lamahora, Lewoleba Timur, Kec. Nubatukan, Kab. Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Menanggapi video tersebut, pihak ini berusaha menghubungi Moderator Seksi Musik Liturgi Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero P. Yosef Kusi Pakaenoni, SVD untuk meminta tanggapannya, Rabu, 4 Agustus 2022.

Berikut isi tanggapan Pater Yosef, sebagaimana yang ia sampaikan kepada media ini via WhatsApp:

Baca Juga: Viral! Lagu 'Cinta Luar Biasa' Andmesh Kamaleng Dinyanyikan dalam Perayaan Ekaristi Saat Persembahan


Hari-hari ini kita dikagetkan dengan beredarnya 2 video di media sosial di mana dua lagu yang sangat profan dinyanyikan dalam perayaan liturgi Gereja Katolik.

Alasan yang biasanya digunakan adalah kreativitas, demi melayani umat, umat senang dengan lagu tersebut, pastornya tidak berkeberatan, lagunya menyentuh perasaan, membuat hati terharu, sesuai dengan jiwa anak muda, tidak membosankan, lagunya hidup dan musiknya enak kedengarannya.

Apakah semua alasan ini bisa diterima?

Dirigen, organis, atau siapa saja yang ditugaskan untuk memilih lagu-lagu yang akan dinyanyikan dalam perayaan liturgi, harus memiliki pengetahuan yang baik dan benar tentang "Apa itu Musik Liturgi".

Halaman:

Editor: Yon Sahaja

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kepercayaan Baru di NTT, Kilat dari Timur

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:36 WIB
X