• Jumat, 20 Mei 2022

Icha Dalin: Literasi Digital Dasar Sangat Penting Bagi Perangkat Desa

- Kamis, 12 Mei 2022 | 06:39 WIB
Theresia Evarista Dalin saat menyampaikan materi kepada para peserta  (Waldus Budiman )
Theresia Evarista Dalin saat menyampaikan materi kepada para peserta (Waldus Budiman )

 

MANGGARAI -- Literasi dasar bagi perangkat desa merupakan sesuatu yang sangat penting. Hal ini disampaikan Theresia Evarista Dalin, ST, saat menjadi Community Level Trainer (CLT) atau pelatih komunitas pada kegiatan Pelatihan Digital Dasar bagi Perangkat Desa.

Kegiatan ini merupakan program dari British Council dan bekerja sama dengan Yayasan Pikul. Tujuan dari kegiatan tersebut yakni meningkatkan keterampilan dalam partisipasi digital yang iklusif (Skills for Inclusive Digital Participation/SIDP) untuk daerah NTT, Ambon, dan Banda.

Baca Juga: Dorong Transaksi secara Digital, Deputi BI Hadir di Pasar Rakyat Batu Cermin

Menurut Icha, program ini memiliki semangat agar masyarakat Indonesia umumnya, dan masyarakat Manggarai khususnya, memiliki pemahaman yang baik terkait dengan digital dasar, terutama bagi kaum muda dan perempuan serta disabilitas yang mengalami keterbatasan dalam mengakses perangkat digital.

"Ini kegiatan membantu masyarakat guna memahami digital dasar khususnya kaum muda," terangnya. 

Baca Juga: Pantau US di SDI Mendo, Wabup Hari: Guru adalah Taruhan Pertama

Icha juga adalah kordinator Kecamatan Pendamping Desa PDTT Kecamatan Cibal menyampaikan bahwa, untuk saat ini yang paling tepat mendapatkan pengetahuan dasar digital adalah para perangkat desa yang memenuhi syarat di atas, karena sebagai kunci penyelenggaraan pemerintah desa mereka akan dituntut untuk melek digital

Yang turut hadir dalam kegiatan ini adalah Kades Nenu, Siprianus Tagung sebagai local support system.

Halaman:

Editor: Waldus Budiman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X