• Kamis, 26 Mei 2022

Ikuti Sidang Paripurna Istimewa di DPRD Manggarai, Wabup Heri: Kami tidak Bisa Berjalan Sendiri

- Senin, 25 April 2022 | 21:31 WIB
Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut  (Prokopim )
Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut (Prokopim )

MANGGARAI -- Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, mengikuti Sidang Paripurna Istimewa di Ruang Sidang Utama (RSU) Kantor DPRD Kabupaten Manggarai pada Senin (25/04/2022).

Adapun agenda sidang paripurna tersebut yakni; Pembacaan Keputusan DPRD tentang rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Kepala Daerah Tahun Anggaran 2021, Penyerahan Keputusan DPRD tentang rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Kepala Daerah Tahun Anggaran 2021, dan Pembahasan Hal-Hal Aktual.

Baca Juga: Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2022, Ini Pesan Kapolres Manggarai

Dalam kesempatan itu, Wabup Heri menyampaikan bahwa  Lembaga Dewan telah melakukan berbagai tahapan pembahasan untuk mencermati, membahas, dan mengevaluasi berbagai program pembangunan dan pelayanan publik yang telah direncanakan dan dilaksanakan pada tahun anggaran 2021.

Dari aspek manajemen pembangunan, apa yang telah dilakukan DPRD selama pelaksanaan pembahasan LKPJ ini merupakan suatu bentuk tindakan evaluasi kritis untuk menemukan kesesuaian dan keseimbangan yang objektif dan rasional terhadap semua program perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pelayanan publik selama satu tahun anggaran.

Baca Juga: Jaghur Stefanus Resmi Diberhentikan dari Jabatan Wakil Bupati Manggarai Timur

Sementara secara politis, kata Wabup Heri,  dapat dimaknai sebagai pelaksanaan dari fungsi kontrol dewan sebagai representasi rakyat terhadap fungsi-fungsi eksekutif yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah dalam melaksanakan dan merealisasikan program dan pelayanan publik yang telah ditetapkan dalam APBD setiap tahun.

Demikian Wabup Heri, penyampaian LKPJ oleh Kepala Daerah dan pembahasan yang dilakukan oleh lembaga dewan merupakan pelaksanaan dari kewajiban dan kewenangan konstitusional yang dimiliki oleh Kepala Daerah dan DPRD sebagai mitra dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Baca Juga: Manggarai Kembali Utus Tiga Atlet Kempo dalam Kejuaraan Dunia di Tunisia

“Oleh karena itu, semangat yang perlu dibangun dalam keseluruhan proses konstitusional ini adalah semangat keterbukaan dan kemitraan yang positif dan konstruktif demi menghasilkan upaya-upaya peningkatan pembangunan di daerah pada umumnya, khususnya peningkatan kesejahteraan masyarakat Manggarai,” katanya.

Halaman:

Editor: Oswaldus Jaya Budiman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X